Sukses

5 Tips Mudah Atasi Keterpurukan Mental

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan keluar dari lingkar terkepurukan yang mendalam.

Liputan6.com, Jakarta Ketika pikiran dilanda kesedihan atau keterpurukan, mungkin Anda perlu memikirkan sejenak apakah hal tersebut baik untuk kesehatan.

Kesehatan tidak hanya diartikan dengan fisik yang kuat, namun kesehatan mental menjadi hal utama bagi seseorang mempertahankan kesehatan fisiknya juga.

kGangguan Kesehatan mental merupakan masalah yang serius, karena hal ini kemungkinan besar mengakibatkan seseorang mengambil langkah buruk seperti misalnya bunuh diri.

Seorang mantan Olimpiade Medali Liesel Jones mengakui bahwa ia telah berjuang melawan depresi sejak tahun 2008. Di Australia masalah keshatan mental pun cukup tinggi, lebih dari 20 juta warga Australia yang berjuang untuk mencari dan mempertahankan pikiran positif untuk keluar dari kesakitan mental yang mereka rasakan.

Seperti yang dikutip dari laman healthable.org, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan keluar dari lingkar terkepurukan yang mendalam, Jumat (254/12/2015):

1. Berteman dengan sinar matahari

Dalam penelitian yang dilakukan Joseph Forgas, ia mengatakan bahwa cuaca memengaruhi suasana hati seseorang.

Saat mengalami kesedihan mendalam pergilah ke tempat-tempat yang memiliki sinar matahari lebih banyak atau membuka semua jendela di rumah agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah atau kamar Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan estetika positif ke dalam rumah serta dapat mengangkat suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia dan lebih produktif lagi hingga melepaskan kesedihannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tersenyum dan mendengarkan musik

2. Kenakan pakaian favorit

Mengenakan pakaian favorit menjadi hal yang dapat mempengaruhi kondisi perasaan seseorang lebih baik. Ketika Anda hendak memutuskan untuk pergi keluar rumah, dengan berpakaian yang membuat Anda nyaman dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda saat berinteraksi dengan orang-orang yang ditemui.

3. Mendengarkan musik

Kekuatan musik dapat membuat Anda merasa luar biasa. Mendengarkan lagu dengan tempo cepat dan genre musik kesukaan akan membuat Anda menikmatinya.Membuat daftar lagu (atau menemukan playlist layanan streaming musik Spotify) dan mendengarkannya membuat perasaan lebih gembira dan positif.

4. Tersenyum

Tersenyum membawa kecerahan dan energi ke dalam ruang sosial dan mudah menular.Dengan tersenyum, orang-orang disekitar Anda menjadi lebih positif juga akan tertarik pada Anda. Kadang-kadang sulit memang untuk berbagi senyum, apalagi jika Anda sedang merasa sedih keseringan seseorang memaksakan tersenyum atau memberikan palsu senyum.

Namun dengan membiasakan diri tersenyum maka Anda akan melihat dari waktu ke waktu bagaimana aura positif akan mempengaruhi Anda dan orang-orang di sekitar.

5. Hidup dengan rasa optimis

Hal ini sangat penting untuk menjadikan seseorang berpikir lebih positif. Berpikir positif menempatkan diri seseorang menuju jalan sukses dan positif. Untuk mencapai hal ini, Anda harus berkomitmen untuk mencapai hasil yang positif dalam setiap situasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini