Sukses

Dalam 3 Jam, Flu Reda dengan Bawang Putih

The Journal of Nutrition memuat hasil uji klinis manfaat bawang putih untuk meredakan flu.

Liputan6.com, Jakarta Pada musim hujan seperti sekarang ini, jika suara Anda mulai terdengar sengau, hidung mengeluarkan gumpalan lendir (ingus), juga dahak yang berasal dari tenggorokan disertai demam, tandanya virus flu telah menyerang Anda. Sebaiknya segeralah mencari pertolongan agar Anda tak sakit berkepanjangan.

Ada dua cara untuk memerangi flu, dengan mengonsumsi obat flu yang marak di pasaran, atau dengan pengobatan alternatif berbahan alami. Untuk pilihan yang kedua, Anda bisa mencoba mengonsumsi bawang putih mentah.

The Journal of Nutrition memuat hasil uji klinis manfaat bawang putih untuk meredakan flu. Dalam penelitian itu masing-masing individu yang mengalami flu diberi dua siung bawang putih untuk dikunyah mentah-mentah. Setelah partisipan memakannya, dalam waktu tiga jam kemudian menunjukkan hasil yang signifikan pada tubuh mereka dibanding meminum obat-obat yang ada di apotik, dilansir dari laman Prevention, Kamis (24/12/2015).

Hal tersebut terjadi karena kandungan nutrisi pada bawang putih memiliki vitamin C, mineral seperti selenium, enzim, dan senyawa mengandung sulfur yang berkhasiat untuk memperbaiki sistem imun pada tubuh yang terkena flu.

Para ilmuwan memang tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah bawang putih akan berfungsi dengan cepat untuk memerangi flu. Namun penelitian sebelumnya menguatkan bahwa ada sesuatu kandungan yang khusus pada bawang putih sebagai dosis pereda pilek.

Jika Anda ingin mencoba bawang putih sebagai obat pereda flu, para ahli menyarankan untuk mengiris atau menghancurkannya bersama cengkeh dan memakannya - atau menggunakannya sebagai bahan untuk bumbu pada salad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.