Sukses

Manfaat Minyak Nabati untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Liputan6.com, Jakarta Gigi merupakan bagian tubuh yang nyaris selalu melakukan aktivitas setiap menitnya. Segala jenis kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia memiliki dampak bagi kesehatan gigi dan mulut.

Studi modern menunjukkan betapa efektifnya perawatan dan pengobatan gigi dengan menggunakan minyak nabati dan minyak kelapa yang biasanya disebut `Oil Pulling`.

Teknik pengobatan oil pulling ini dapat mengeluarkan racun dari mulut serta membersihkan gigi juga gusi dengan kandungan minyak tersebut. Berkumur dengan minyak masak organik seperti minyak kelapa, minyak biji anggur, minyak almond, atau minyak zaitun setiap hari dapat meremajakan sel-sel, juga “menarik” racun keluar dari dalam mulut, dikutip dari laman Dental Implants Info, Kamis (24/12/2015).

Terdapat dua teknik untuk melakukan perawatan dengan oil pulling yaitu kavala dan gandusa. Kavala dilakukan dengan mengisi mulut dengan minyak nabati dan menahannya di dalam selama 3-4 menit dan diulang sebanyak dua atau tiga kali.

Metode kedua ialah gandusa, dengan cara berkumur selama 3-5 menit dan kemudian meludahkannya. Membuang atau meludahkan minyak ke wastafel dapat menyumbat pipa wastafel. Sebaiknya Anda meludah ke tempat sampah setelah selesai melakukan proses oil pulling ini.