Sukses

Kenali 12 Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia akan gejala dan risiko kanker payudara menyebabkan kebanyakan pasien datang sudah stadium lanjut

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia akan gejala dan risiko kanker payudara menyebabkan kebanyakan pasien datang sudah memasuki stadium lanjut. Pembicaraan seputar kanker payudara juga masih dianggap tabu dan dihindari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Akibatnya, kanker payudara menjadi momok menakutkan yang mengintai.

Di sisi lain, deteksi dini adalah kunci penanganan kanker payudara agar peluang keberhasilan terapi dan kemungkinan bertahan hidup dapat meningkat. Karena sekitar 93-100 persen pasien kanker payudara yang terdeteksi pada stadium 1 dan 2 dapat melakukan terapi tepat sesuai standar medis dan dapat bertahan hidup setidaknya selama lima tahun.

Dalam acara `Kanker Payudara Bukan Tabu, Semua Berhak Tahu` yang diadakan beberapa waktu lalu, para ahli mengatakan 12 tanda dan gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai sekarang juga, seperti:

1. Kulit payudara mengeras

2. Terdapat cekungan seperti lesung pipi

3. Kulit payudara mengelupas

4. Tumbuh pembuluh darah pada payudara

5. Tumbuh gumpalan seperti daging

6. Kulit payudara kemerahan

7. Puting mengeluarkan cairan

8. Puting masuk

9. Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk

10. Terdapat benjolan

11. Kulit payudara berlekuk

12. Payudara berubah bentuk 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.