Sukses

Begini Cara Cegah Iritasi Saat Mencukur Jenggot

Perhatikan langkah-langkah ini untuk menghindari iritasi pada bagian kulit disekitar jenggot Anda.

Liputan6.com, Jakarta Saat bercukur, kebanyakan pria hanya berfokus pada alat cukur sebagai benda wajib untuk membersihkan jenggotnya. Jikapun ada yang perlu ditambahkan, biasanya tak lebih dari foam. Padahal, untuk mendapatkan hasil pencukuran yang sempurna, Anda memerlukan hal yang lebih dari itu.

Berikut kiat yang perlu dilakukan untuk menghindari iritasi pada kulit akibat mencukur jenggot yang tidak sempurna, dilansir dari laman India Times, Selasa (22/12/2015):

1. Membasuh wajah

Sebelum menyukur bagian jenggot Anda, cuci muka dengan sabun muka secara menyeluruh dan basuh dengan air hangat. Dengan menggunakan air hangat, kulit tidak akan menjadi kering. Kulit yang kering disekitar jenggot lebih berpotensi mengalami iritasi.

2. Berikan waktu 10 menit

Di pagi hari, wajah manusia akan terlihat atau terasa membengkak dari biasanya, dan hal tersebut dapat mempermudah goresan akibat pisau cukur yang berakibat luka. Untuk menghidarinya, tunggu selama sekurang-kurangnya 10 menit untuk melakukan pencukuran jenggot Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratakan gel atau krim

3. Ratakan gel atau krim

Saat mengaplikasikan gel atau krim pencukur jenggot dengan jari Anda, gunakan dengan gerakan memutar dan ratakan busa di sekitar jenggot. Ini dilakukan agar rambut jenggot yang akan tumbuh nantinya bisa tumbuh merata.

4. Tekan, jangan dorong

Tenaga pria cenderung lebih kuat dan kasar dibanding wanita. Saat mencukur jenggot, para pria lebih sering menekan dengan kuat untuk menempatkan pisau cukur jauh lebih dekat dan dapat membersihkat jenggot dengan maksimal.

Pisau cukur modern dirancang untuk mengurangi iritasi, untuk menghindarinya jangan menempatkan pisau cukur dengan cara mendorong. Cukup menekan secara perlahan untuk menjaga pisau cukur kontak dengan kulit.

 

5. Sesuaikan dengan arah rambut

Cukurlah jenggot Anda dengan arah yang sesuai. Jika rambut pada jenggot Anda tumbuh ke samping cukur dengan pisau dan gerakan yang sesuai. Jika tidak kemungkinan besar dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kerusakan folikel rambut.

6. Gunakan shaving oil

Kulit yang sensitif berpotensi lebih tinggi untuk terkena iritasi karna cara menyukur jenggot yang salah atau pemilihan pisau cukur yang salah. Untuk menghindarinya gunakanlah Shaving oil. Ini bertujuannya untuk melembutkan rambut-rambut dan membuka pori-pori di area yang akan Anda cukur.

 

7. Rutin ganti pisau cukur

Memilih pisau yang sesuai dengan tekstur dan kenyamanan Anda, akan mengurangi juga iritasi pada kulit. Saat Anda merasa pisau sudah tidak nyaman gantilah secepat mungkin. Dengan mengganti pisau setiap satu sampai dua minggu sekali juga akan menghindari iritasi pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.