Sukses

Mind and Soul: Tips Supaya Kita Tidak Malas ke Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Jenuh atau enggan pergi ke sekolah umum terjadi pada anak-anak karena kondisi tubuh mereka yang belum siap untuk bangun setelah tidur panjang di malam hari. Terkadang itulah pemicu yang membuat mereka malas-malasan pergi ke sekolah. Jenuh dan bosan itu wajar terjadi tapi jangan dibiasakan. Bagaimana juga kita sebagai anak harus semangat pergi ke sekolah.

"Kenapa kita merasa jenuh ke sekolah? Karena belum apa-apa sudah memikirkan hal-hal buruk mengenai sekolah kita. Guru yang membosankan, lalu memikirkan teman yang bakal ngerecokin kita, atau hal-hal lain seperti PR (pekerjaan rumah) yang belum dibuat. Hal-hal negatif inilah yang membuat kita tidak ingin ke sekolah," kata Founder Spirit of Universal Life (SOUL) Bunda Arsaningsih untuk Mind and Soul Liputan6.com, Jumat (18/12/2015)

Ketika rasa malas itu menggelayuti perasaan kita, ingatlah bahwa orangtua sudah susah payah memberi pendidikan layak untuk diri kita. "Gunanya sekolah supaya ke depan kita mendapat penghasilan yang layak juga untuk hidup kita. Sekolah ini kebutuhan mendasar. Jika prestasi jelek maka tidak akan dapat menjalani hidup yang lebih baik," kata Bunda Arsaningsih melanjutkan.

Dia memberikan tips supaya kita tidak malas lagi ke sekolah. Pertama, visualisasikan pikiran kita dengan hal yang baik-baik saja. Terimalah guru di sekolah apa adanya. Pikirkan bahwa mereka akan melakukan proses belajar mengajar dengan baik. Kedua, bayangkan juga bahwa semua teman-teman akan bersikap baik dengan kita. Yakini semua itu akan terjadi di kehidupan kita.

"Karena ini adalah proses untuk menciptakan sekolah yang nyaman, aman, sehingga membuat kita semangat untuk sekolah,"kata Bunda Arsaningsih.