Sukses

Begini Siasati Puting Lecet Saat Menyusui

Keluhan puting lecet mungkin sudah menjadi keluhan umum bagi para wanita menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Puting lecet mungkin sudah menjadi keluhan umum bagi para wanita menyusui. Namun, perlu Anda ketahui, rasa sakit tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk memberikan susu formula pada buah hati karena hal ini bisa disiasati.

Seperti disampaikan dr Naomi Esthernita Dewanto, Sp.A (K), kebanyakan wanita salah posisi saat menyusui dan membuat putingnya lecet. Seharusnya, posisikan perut bayi sejajar dengan perut Anda.

"Agar mulut bayi menempel dengan benar, posisi perut bayi dan ibu harus saling berhadapan. Telinga dan pundak harus segaris," kata pimpinan dari Neonatal Intensive Care Unit (NICU) tersebut pada wartawan di Siloam Hospital, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Naomi mengatakan, saat posisi tubuh ibu dan bayi benar, keduanya akan nyaman saat memberikan atau menerima ASI. Bonusnya, ibu dapat melihat buah hatinya menyusui dan mendapatkan ASI untuk tumbuh kembangnya.

"Kolostrum pada ASI terbukti menurunkan risiko infeksi nosokomial, necrotizing enterocolitis (peradangan usus), dan feeding intolerance (ketidakmampuan bayi untuk mencerna asupan makanan). Jadi, kolostrum yang sangat berharga harus tetap diberikan kepada bayi sehat ataupun prematur," katanya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.