Sukses

Jangan Salah, Gudang ASI Bukan di Puting Payudara

Bagaimana agar ASI berlimpah karena susu alami ini tidak keluar melalui puting

Liputan6.com, Jakarta Sebelum memiliki buah hati, edukasi mengenai pemberian ASI sangat penting. Seperti halnya, bagaimana agar ASI berlimpah karena susu alami ini tidak keluar melalui puting melainkan di bawah areola atau daerah gelap di sekitar puting payudara.

"Gudang ASI terletak di bagian bawah areola. Jadi keliru bila ada wanita yang memaksa buah hatinya menerima ASI dengan memijat bagian putingnya," kata dr Naomi Esthernita Dewanto, Sp.A (K) dari Siloam Hospital, Kebon Jeruk saat temu media di Jakarta, Kamis (17/12/2015)

Menurut Naomi, kekeliruan ini memang kerap terjadi, khususnya pada wanita yang baru memiliki anak pertama. Keluhan lain yang paling sering terjadi di klinik laktasi adalah kesalahan posisi saat menyusui hingga puting lecet.

"Banyak wanita yang merasa tidak nyaman saat menyusui karena putingnya lecet. Tentu, hal ini berdampak pada bayi. Tapi banyaknya konselor laktasi, bisa membantu mereka mengatasi masalahnya," ujarnya.

Naomi menambahkan, pemberian ASI bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak melainkan juga menghambat masuknya bakteri patogen serta memperbaiki saluran cerna pada anak prematur. 

Namun bagaimana jika ibu terserang kanker payudara, bolehkah tetap menyusui buah hati? Temukan jawabannya dalam tayangan ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.