Sukses

11 BUMN Terbaik Raih JKN-KIS Award 2015

Bertajuk JKS-KIS BUMN Award 2015, penghargaan tersebut diberikan pada Rabu (16/12/2015) malam di Plaza Bapindo.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memeberikan penghargaan kepada 11 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah membuktikan komitmennya menjadi peserta program jaminan kesehatan nasional. Bertajuk JKS-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat) BUMN Award 2015, penghargaan tersebut diberikan pada Rabu (16/12/2015) malam di Plaza Bapindo, Jakarta Pusat, kepada tiga kategori.

Kategori pertama adalah BUMN dengan jumlah pegawai kurang dari atau sama dengan 2.000 orang. Lalu BUMN dengan jumlah pegawai 2.000 hingga 10.000 orang serta BUMN yang memiliki jumlah pegawai lebih dari 10.000 orang. Dari masing-masing kategori tersebut, tiga BUMN berhak memperoleh Apresiasi Pratama, Apresiasi Madya, dan Apresiasi Utama.

"Kontribusi perusahaan negara untuk BPJS itu hanya 600 miliar, itu kecil. Kami harapkan BUMN jadi motor pengerak, karena teman-teman dari sektor swasta termotivasi untuk bergabung," tutur Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris. 

Fachmi menambahkan instansinya terus berupaya meningkatkan kinerja di jalur advokasi karena pada 2016 mendatang rencananya BPJS Kesehatan bakal menerapkan kebijakan ketat soal kepatuhan perusahaan negara. "Sepertinya pada 2016 nanti harus ada enforcement khusus soal kepatuhan mendaftar dan kepatuhan untuk membayar iuran. Kami tentu tidak tiba-tiba menggunakan instrumen itu dalam dua tahun kemarin," tutur Fachmi.

Berikut 11 BUMN peraih JKS-KIS Award 2015. Seluruh pemenang berhak menerima piagam penghargaan, plakat, serta laptop.

1. BUMN dengan jumlah pegawai kurang dari/sama dengan 2.000 orang
• Apresiasi Utama: PT Perkebunan Nusantara IV
• Apresiasi Madya: PT Perkebunan Nusantara III
• Apresiasi Utama: PT Kereta Api Indonesia

2. BUMN dengan jumlah pegawai 2.000 – 10.000 orang
• Apresiasi Utama: PT Perkebunan Nusantara XIII
• Apresiasi Madya: PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
• Apresiasi Pratama: PT Perkebunan Nusantara VI

3. BUMN dengan jumlah pegawai lebih dari 10.000 orang
• Apresiasi Utama: PT Semen Baturaja
• Apresiasi Madya: PT Nidya Karya
• Apresiasi Pratama: PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma

Selain tiga kategori di atas, dua kategori lainnya dimenangkan oleh PT ASDP serta PT Bank Mandiri Tbk. Penilaian pemenang kategori ini dilakukan oleh pihak MarkPlus Inc.

PT ASDP menang sebagai BUMN yang paling inovatif dalam mendukung pelaksanaan program jaminan kesehatan, khususnya implementasi sosialisasi di kalangan internal perusahaan. Sebanyak 20 perusahaan negara bersaing dalam hal ini.

Sementara PT Bank Mandiri Tbk, berhak diberi penghargaan sebagai kategori anak perusahaan BUMN yang telah teregistrasi ke BPJS Kesehatan. Kriterianya mencakup jumlah anak perusahaan, jumlah iuran dan jumlah peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini