Sukses

Tidak Sakit Tapi Anak Malas ke Sekolah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Anak malas ke sekolah dan mengaku sakit padahal setelah diperiksa kondisinya baik-baik saja, ini mungkin penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Si Kecil yang tiba-tiba mengaku sakit perut dan sakit kepala supaya tidak masuk sekolah padahal ketika diperiksa oleh dokter kondisinya diketahui baik-baik saja, bisa jadi anak tersebut mengalami fobia sekolah.

Fobia sekolah umum terjadi karena si anak mendapatkan guru yang killer, atau mungkin ada masalah di rumah yang membuat dia cemas. Namun, psikolog mengaku, sangat sulit meyakinkan orangtua untuk menerima kondisi semacam ini.

Psikiater dari Mumbai, India, Dr Harish Shetty mengatakan, kasus seperti ini telah meningkat sekitar 300 persen dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya dialami seorang anak yang memiliki orangtua pekerja. Bisa jadi karena stres yang dialaminya selama di sekolah, terlebih pada anak-anak di bawah usia 17.

"Sekali pun anak-anak diberi pengobatan, butuh waktu lama membuat dia untuk kembali ke sekolah. Perlu dibantu dengan mengantarnya ke depan gerbang dan kembali lagi ke rumah. Beberapa hari kemudian, kunjungi kelasnya atau perpustakaan atau tempat-tempat yang biasa dia datangi selama di sekolah," kata Harish dikutip dari situs Times of India, Kamis (17/12/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.