Sukses

Konsumsi Daun Antanan Bikin Anak Cerdas

Ternyata, tanaman yang sering tumbuh di pinggir jalan ini juga membuat anak cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Daun antanan atau pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) telah lama dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat menyembuhkan luka, dan merangsang kolagen. Namun ternyata, tanaman yang sering tumbuh di pinggir jalan ini juga membuat anak cerdas.

Seperti disampaikan dr. Titi Fauzia Moertolo, SpKK, daun ini memiliki kandungan dan susunan kimia yang telah diteliti sejak lama dan sampai sekarang masih diteliti manfaatnya. Salah satu khasiatnya dapat membuat anak mudah merespon pelajaran yang dia terima. 

"Daun pegagan biasanya dijadikan urap atau lalap. Kalau rajin dimakan bikin otak pintar. Itulah mengapa saya sebut tumbuhan ini bukan sembarang herbal. Saya waktu kecil diberikan makan ini oleh orangtua. Setelah baca literatur, ternyata khasiatnya banyak dan sejujurnya, seluruh kandungan dalam herbal ini sangat bermanfaat bagi manusia," kata dokter yang berhasil menyabet nila A dan mendapat gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Menurut dokter yang memiliki Klinik Kesehatan Kulit dan Kecantikan Moetee ini, khasiat antanan juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. "Penggunaan masker Centella 0,8 persen ini dapat mencegah skar atrofi (bopeng bekas jerawat di wajah) dan menyembuhkan jerawat. Selain itu, pasien tidak perlu menggunakan teknologi canggih, murah dan aman tanpa efek samping atau ketergantungan pada obat impor," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini