Sukses

Begini Cara agar Tak Tertular Hepatitis A

Penerapan gaya hidup sehat jadi peran penting cegah penularan Hepatitis A.

Liputan6.com, Jakarta Berada di pergantian musim dari kemarau ke penghujan seperti saat-saat ini menurut dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Ari Fahrial Syam merupakan hal yang umum jika terjadi ledakan kasus Hepatitis A. Daya tahan tubuh masyarakat yang rendah ditambah jumlah virus yang cenderung bertambah menyebabkan individu tersebut rentan terkena Hepatitis A.

Pada tahun ini kasus penularan Hepatitis A terjadi pada puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Nah, agar Anda tak tertular penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A ini perhatikan hal berikut.

Pencegahan agar tak tertular virus ini dilakukan dengan memperkuat daya tahan tubuh. Caranya bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup, dan banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran seperti dituturkan dokter Ari.

Selain itu jangan lupa cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, apalagi penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi virus Hepatitis A.

"Khusus untuk yang mengurus orang sakit dengan hepatitis A harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik kalau perlu dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral," terang dokter Ari lewat surat elektronik ditulis Minggu (13/12/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini