Sukses

Mengenal Kanselir Jerman, Doktor Fisika Kuantum

Angela Merkel baru saja dinobatkan sebagai Person of the Year atau tokoh terbaik tahun 2015 ini versi majalah Time.

Liputan6.com, Jakarta - Kanselir Jerman, Angela Merkel baru saja dinobatkan sebagai Person of the Year atau tokoh terbaik tahun 2015 ini versi majalah Time. Tapi, seperti apakah sosok wanita pemimpin negara kiblat kedokteran Eropa itu?

Sebagai kanselir Jerman, Merkel juga memimpin Christlich-Demokratische Union atau partai Uni Demokratik Kristen (CDU). Inilah yang membuat Time memilihnya sebagai sosok penting yang berpengaruh di dunia pada tahun ini.

Wanita 61 tahun tersebut diingat betul oleh dunia karena menyambut dengan tangan terbuka para pengungsi dari Suriah. "Jika sekarang kami harus mulai meminta maaf dengan menunjukkan wajah ramah saat menghadapi situasi darurat, maka itu bukan negara saya," kata Merkel beralasan mengapa Jerman bisa membuka diri pada korban radikalisme di Suriah.

Merkel menjadi orang yang paling depan membela keselamatan para pengungsi dengan menentang perdebatan tentang keseimbangan antara keamanan serta kebebasan negara.

Popularitasnya tahun ini memang menurun. Pasalnya, dia malah disebut pengkhiatan oleh demonstran Jerman karena tetap menyambut pengungsi dari Suriah dan sisa-sisa korban dari negara yang dilanda perang.

"Agar meyakinkan peradaban besar (seharusnya) membangun jembatan, bukan dinding, dan perang-perang itu dimenangi keduanya serta keluar dari medan pertempuran," tutur Merkel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 hal tentang Angela Merkel

Dikutip dari Health Aim, pada Jumat (11/12/2015) sore, berikut lima hal yang bisa diketahui dari seorang Angela Merkel.

1. Merkel pernah berdiri selama 45 menit di atas papan loncat ketika masih berusia sembilan tahun. Tapi pada akhirnya, dia memutuskan untuk lompat ke dalam kolam renang tepat sebelum jam pelajaran berakhir.

2. Ketika masih berkuliah, dia pernah bekerja beberapa tahun sebagai bartender di pesta-pesta disko.

3. Dia memiliki gelar dalam fisika dan gelar doktor dalam fisika kuantum. Merkel juga jadi satu-satunya wanita di bidang teori kimia dari Akademi Sains Jerman Timur (Deutsche Akademie der Wissenschaften)

4. Terlahir dengan nama Angela Kasner, Merkel adalah nama belakang suami pertamanya, yang bercerai pada 1981. Setelah bercerai, dia tinggal di sebuah apartemen ilegal di dekat stasiun kereta api Friedrichstrasse.

Pada ulang tahunnya ke 30, Ayahnya datang berkunjung dan berkata, "Kamu belum terlalu jauh."

5. Suaminya Joachim Sauer disebut pers Jerman sebagai Phantom of the Opera, karena tidak suka publisitas. Dia juga jarang muncul di depan umum dengan Merkel, bahkan pada pengangkatannya sebagai Kanselir pada tahun 2005. Dan memang Joachim Sauer mencintai opera.

6. Merkel adalah wanita yang jago masak. Beliau pernah mengatakan kepada mantan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan kalau dia memasak sarapan untuk suaminya setiap pagi. Merkel bahkan belanja sendiri dan membayarnya dengan uang tunai.

7. Merkel rupanya takut pada anjing, setelah pernah digigit pada 1995. Kabarnya, eks Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin telah menggunakan anjingnya yang bernama Koni untuk mengintimidasi Merkel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini