Sukses

Bisakah Pohon Natal Tiruan Iritasi Mata?

Kandungan yang terdapat dalam pohon Natal tiruan bisa melepaskan gas yang dapat mengiritasi mata, hidung, dan paru-paru.

Liputan6.com, New York- Salah satu cara memeriahkan Natal yakni dengan memasang pohon cemara tiruan. Namun Anda harus mengetahui bahan dasar pohon cemara ini.

Polyvinyl chloride (PVC) merupakan bahan dasar pohon Natal tiruan, sama seperti bahan yang digunakan untuk membuat pipa, mainan, alat medis, dan interior mobil. American Christmast Tree Association mengatakan bahan ini tidak berbahaya, namun para pakar tidak sependapat.

PVC mengandung bahan metal seperti timah seperti diungkapkan Chief Medical Officer of American Family Car, Gleen Harnett. "PVC juga melepaskan gas yang dapat mengiritasi mata, hidung, dan paru-paru," seperti diungkap dokter Harnett.

Dalam beberapa kasus, pohon Natal yang dalam PVC mengandung phthalates bisa menurunkan testosteron di lab hewan dan manusia seperti diungkap profesor ilmu kesehatan dari Simon Fraser University, Bruce Lanphear seperti dikutip laman Men's Health, Sabtu (12/12/2015).

Demi menghindari potensi alergi yang ditimbulkan dari pahon Natal tiruan, segera mencuci tangan seusai memegangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini