Sukses

Periksa Jantung Baiknya Jelang Ulang Tahun

Penanggulangan penyakit jantung yang seharusnya kita perhatikan adalah tindakan pencegahan (promotif).

Liputan6.com, Jakarta Penanggulangan penyakit jantung yang palng tepat adalah dengan melakukan pencegahan (preventif). Caranya, yakni dengan melakukan pemeriksaan jantung minimal setiap saat Anda akan berulang tahun.

"Check up setiap tahun. Jadikan hadiah ulang tahun dengan memastikan jantung benar-benar sehat," kata dr Dolly RD Kaunang SpJP SpKP bagian medis pengurus pusat yayasan jantung Indonesia dalam diskusi MICS 2015 di OMNI Hospitals, Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (9/12/2015).

Dolly menekankan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Menurutnya, kualitas hidup menjadi obat paling mujarab mengatasi penyakit jantung.

"Harus bisa mengendalikan makan dan tetap olahraga yang teratur dan terukur," kata Dolly yang berharap olahraga rutin kembali digalakkan seperti zaman orang tua dulu. Sebab, gaya hidup sehat sangat penting. Termasuk mampu mengendalikan emosi dan ketegangan batin dengan konsisten.

"Pokoknya sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai jadi orang yang gemuk, berlemak, kolesterol tinggi, dan diabetes. Semua itu berisiko tinggi serangan jantung," kata Dolly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini