Sukses

6 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Sedang Bermasalah

Ada beberapa tanda-tanda yang memudahkan Anda untuk mengukur apakah hubungan Anda sedang di ujung tanduk.

Liputan6.com, Jakarta Seorang Psikolog bernama Seema Hingoranny mengatakan, “Ada beberapa tanda-tanda yang memudahkan Anda untuk mengukur apakah hubungan Anda sedang di ujung tanduk, seperti sudah hilangnya rasa hormat diantara pasangan, hilangnya rasa empati dan mulai berkomentar menyakitkan pada setiap argumen apapun.” Pada saat itulah seseorang harus menyadari bahwa ada masalah pada hubungannya.

Dilansir dari Times of India, Kamis (11/12/2015) berikut beberapa tanda-tanda hubungan Anda sedang dalam masalah.

1. Berkurangnya keintiman
Seksolog Dr. Rajan Bhosale mengatakan, “Keintiman merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu hubungan dan kekurangan akan hal itu menandakan adanya masalah. Jika seorang pasangan mulai menjaga jarak, menghindari bersentuhan, maka dia sudah tidak berada didalam hubungan tersebut.” Romansa dan bersentuhan adalah hal-hal mendasar dalam hubungan yang sehat. 

Baca juga: 

2. Hilangnya rasa percaya
Kepercayaan merupakan dasar didalam semua hubungan dan ketika hal itu dirusak oleh perselingkuhan, baik itu secara seksual, emosional, atau penyimpangan dalam masalah keuangan, kerusakan yang ditimbulkan tidak akan bisa diperbaiki sepenuhnya.
Ketika Anda sudah tidak bisa mempercayai pasangan Anda, hubungan Anda sudah berada diujung tanduk. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilangnya Perasaan

3. Hinaan dan cemoohan lebih mendominasi
Ketika pertengkaran Anda menjadi lebih buruk, yang hanya dipenuhi oleh kecaman dan hinaan, sudah waktunya Anda untuk menyadarinya. Pernyataan sederhana seperti, “Tolong bersihkan mejanya” malah menjadi, “Apakah kamu bodoh? Tidakkah kamu mengerti apa yang saya katakan?”, dapat terjadi ketika suatu pasangan sudah mulai tidak saling peduli. Pada waktunya nanti, seluruh hal-hal kecil menjadi bahan untuk menyerang pribadi atau karakter si pasangan bukan pada permasalahan yang terjadi. Mencemooh, memutar bola mata, dan gerakan tubuh ‘Aku tidak menyukaimu’ adalah beberapa bentuk non-verbal dari ekspresi menghina.

4. Hilangnya perasaan
Jika Anda berdua berhenti mengungkapkan hal-hal emosional terhadap masing-masing, atau mulai adanya ‘perang dingin’ atau dengan sengaja menutup perasaan Anda dihadapan pasangan masing-masing, hal itu menunjukkan bahwa Anda sudah tidak saling mempedulikan. Seema mengatakan, “Ketika pasangan tidak membalas telepon Anda, tidak membalas pesan-pesan dan selalu ingin melarikan diri dari rumah, maka itu merupakan tanda yang pasti hubungan Anda dalam masalah.”

5. Hilangnya ketertarikan
Sebuah hubungan akan menjadi mati secara perlahan-lahan jika pasangan sudah tidak memiliki ketertarikannya. Hilangnya rasa sayang dan kebahagiaan bisa menjadi sinyal bahwa Anda dan pasangan sudah tidak tertarik satu sama lain.

6. Acuh tak acuh-tanda terpenting
Dr. Bhosale mengatakan, “Ketika pasangan Anda sudah tidak menjadi marah atau terganggu karena terpancing oleh pasangannya, dan memiliki sikap ‘aku tak perduli’, hal itu menunjukkan bahwa pasangan Anda sudah tidak tertarik lagi pada hubungannya. Bahkan pertengkaran yang dilakukan pun hanya untuk sekedar menarik perhatian negatif, dan hal tersebut merupakan tanda yang besar bahwa hubungan tersebut telah berakhir bagi pasangan Anda.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini