Sukses

Anda Bos yang Baik atau Jahat?

Liputan6.com, New York - Kata 'boss' sekarang ini hampir selalu dikaitkan dengan 'bos jahat'. Jika kita tahu tentang tirani di kantor (Terrible Office Tyrant atau TOT), maka kita tahu bahwa semua orang bisa saja memiliki saat-saat menjadi bos jahat atau TOT.

Dengan demikian, perenungan diri merupakan gagasan yang bagus untuk memastikan bahwa kita menyalurkan emosi dengan cara yang teratur dan dapat diterima secara sosial di tempat kerja.

Kita semua pernah menyaksikan pengaruh tidak baik dari bos jahat dalam diri para manajer, karyawan, klien, kerabat, teman, dan hampir segala peran. Mengapa demikian? Karena kita semua adalah manusia biasa. Entah 2 orang atau 52 orang, kita memiliki perasaan mendasar yang sama tentang ketakutan, kuasa, cinta, lapar, marah, pujian, penghargaan, hormat, dan sebagainya.

Kuis ringan

Jadi, berikut ini adalah sisi lain dari bahasan ini, yaitu anti-TOT atau boss baik. Bagaimana mengukurnya—bukan hanya menurut ukuran kecerdasan emosional, tapi juga sebagai pemimpin atau pembimbing?

Suatu kuis sederhana dirancang untuk itu. Tentunya ini bukan uji ilmiah, tapi berdasarkan penelitian kuantitatif dan anekdot yang dikumpulkan selama 20 tahun oleh Lynn Taylor Consulting. Semuanya ada 64 pertanyaan yang dijawab ‘ya’ atau ‘tidak’, tapi tidak bisa dibeberken seluruhnya di sini.

Sejumlah contoh pertanyaan dari 64 pertanyaan aslinya antara lain apakah kita:

  1. Memiliki kecerdasan emosional yang kuat
  2. Menunjukkan empati
  3. Tahu waktunya untuk membuat keputusan yang tidak populer
  4. Memiliki pendekatan yang manusiawi kepada para anggota tim
  5. Menjauh dari sifat menghakimi

Dan sejumlah pertanyaan sejenis itu. Yang jelas, dari seluruh kebaikan yang dibeberkan melalui 64 pertanyaan tersebut, kita bisa mengetahui apakah kita bos jahat atau bos baik berdasarkan jumlah jawaban ‘ya’ atas 64 pertanyaan tersebut.

Cara membaca hasil

Jawaban ‘ya’ pada lebih dari 57 pertanyaan berarti kita adalah anti-TOT, kita adalah bos yang menakjubkan.

Angka di antara 48 dan 56, berarti kita adalah bos yang baik dan dengan sedikt perbaikan, kita bisa menjadi bos yang hebat.

Angka 35 - 47, berarti kita memiliki sejumlah sifat bos baik, tapi harus waspada. Kalau angka kita berada di papan bawah, kita mendekati wilayah TOT. Bacalah bahan-bahan tentang hal ini dan latihlah diri. Jangan lupa umpan balik dari anggota tim.

Angka kurang dari 34? Ini berarti kita berada di wilayah TOT. Pastikan mengikuti pelatihan atau pendampingan manajemen. Mintalah umpan balik dari para anggota tim dan bacalah bahan-bahan tentang hal ini supaya bisa menjadi lebih baik. Upaya ini bernilai untuk pekerjaan dan masa depan kita. (*)