Sukses

Saat Kenyang, Wanita Jadi Lebih Perhatian

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite sangat menarik. Ilmuwan menemukan, wanita yang kenyang ternyata lebih perhatian

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite sangat menarik. Ilmuwan menemukan, wanita yang kenyang ternyata lebih perhatian dan romantis.

Seperti dikutip Body and Soul, Minggu (27/12/2015), penelitian ini melibatkan 20 perempuan muda yang memiliki berat badan sesuai Indeks Massa Tubuh (BMI) atau ideal. Setengah diantara mereka tidak pernah diet dan setengah lainnya pernah mencoba diet, setidaknya dua kali untuk menurunkan berat badan.

Para wanita tersebut kemudian diminta untuk berpuasa selama delapan jam dan setelah itu masuk ke laboratorium. Di sana, mereka melakukan skrining fMRI. Setelahnya mereka diberi makanan senilai 500 kalori dan kembali diskrining kembali.

"Kami menemukan, wanita muda baik dengan dan tanpa riwayat diet memiliki otak yang lebih besar dalam menanggapi gambar romantis di daerah saraf. Mereka juga lebih merespon setelah makan daripada ketika lapar," kata penulis studi, Alice Ely.

Menurut Ely, data ini menunjukkan, makanan mungkin akan membuat wanita menjadi lebih peka dan mendukung situasi otak yang rumit atau neurocircuitry.

Kendati demikian, Ely memperingatkan kalau studi ini hanya mencakup sekelompok kecil perempuan pada usia yang sama. Oleh karena itu butuh lebih banyak penelitian untuk membuat keputusan definitif. "Sejauh ini hasil masih sangat spekulatif, tapi tentu sangat menarik dan semacam temuan tak terduga bahwa untuk mencuri hati wanita, cukup dengan membuatnya kenyang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.