Sukses

Inilah 8 Ciri Orang Percaya Diri

Liputan6.com, New York - Mereka menyedot perhatian ketika memasuki suatu ruangan. Sesungguhnya, mereka tidak dilahirkan dengan gen percaya diri. Perilaku mereka sehari-harilah yang memberi andil kepada kepribadian yang meyakinkan itu.

Oleh karena itu, setiap orang dapat menyerap kebiasan yang secara teratur dilakukan oleh orang yang percaya diri. Seperti dikutip dari Huffington Post pada Kamis (10/12/2015), berikut ini adalah sejumlah cara mereka memandang hidup ini secara berbeda dibandingkan dengan orang lain.

1. Mereka lebih produktif
Penelitian menunjukkan bahwa orang percaya diri kemungkinan lebih produktif karena pikiran ‘bisa’ dalam diri mereka mengilhami tindakan nyata. Tidak heran kalau orang yang percaya diri tampak seperti yang memiliki kantor.

Baca juga:

2. Bahasa tubuh mereka membantu meningkatkan rasa percaya diri
Penelitian menunjukkan bahwa cara seseorang membawa dirinya mempengaruhi bagaimana ia merasakannya di dalam. Postur tegak dan pelenturan dapat membantu orang merasakan letupan daya. Orang percaya diri memanfaatkan penyesuaian-penyesuaian remeh seperti itu.

3. Mereka tidak selalu meyakinkan diri
Semua orang memiliki kekurangan. Perbedaannya terletak kepada pengenalan akan ketidakamanan namun tetap melanjutkan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri merupakan puncak bagi hidup yang lebih berbahagia, tapi sayangnya jarang dilatih untuk menjadi kebiasaan oleh banyak orang. Orang percaya diri bukanlah manusia super, mereka sekedar menerima ketidaksempurnaan mereka sepenuh hati dan tetap hidup dengan berbahagia.

4. Mereka aktif meraih sukses
“Tidak” bukanlah kosa kata seorang yang percaya diri, setidaknya terkait dengan urusan kesuksesan. Rasa percaya diri penting dalam menapaki karir, demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Basic and Applied Social Psychology. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin seseorang mampu menggambarkan dirinya meraih cita-cita, semakin besar kemungkinan mereka meraihnya.

1 dari 2 halaman

Tidak takut gagal

5. Mereka menyalurkan selebritas dalam diri
Ada kekuatan dalam selebritas. Penelitian dalam jurnal Personal Relationships mendapati bahwa ketika orang menuliskan kualitas mereka yang juga merupakan kualitas pesohor kegemaran mereka, orang itu merasa lebih tertantang untuk menjadi diri terbaiknya.

6. Mereka tegas kepada keyakinannya
Orang yang percaya diri percaya kepada pendapatnya sendiri, tapi tentu bukannya tanpa mendengarkan orang lain. Pelatih kepercayaan diri Susie Moore menjelaskan melalui blog di Huffington Post bahwa orang percaya diri mendengarkan pendapat dari segala pihak, tapi, pada akhirnya, mereka tegas kepada apa yang mereka rasa sebagai yang terbaik.

Katanya, “Orang lain bermaksud baik dan terkadang salah juga. Orang percaya diri mendengarkan orang lain tapi tidak membiarkan perbedaan cara pandang mereka menggoyahkannya.”

7. Mereka tidak takut kepada kegagalan
Semua orang pernah kecewa. Percaya diri bukanlah berarti melakukan segala sesuatu dengan benar, tapi tetap tegar walaupun pernah salah. Terkadang hal itu menghasilkan lebih dari sekadar rasa percaya diri: penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlihat percaya diri adalah orang yang terlihat lebih cerdas.

8. Mereka tidak takut menjadi percaya diri
Orang yang percaya diri tidak enggan membuktikan dirinya, entah karena mereka memang merasa nyaman atau berpura-pura hingga akhirnya mereka berhasil.

Video Populer

Foto Populer