Sukses

5 Tips Mudah agar Hidup Lebih Sehat

membiasakan hal-hal ini dapat memberikan kesehatan tubuh manusia secara cuma-cuma.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan manusia sibuk melakukan seribu cara untuk mendapatkan hidup yang sehat. Namun kita sering lupa akan hal-hal sederhana yang dapat membuat hidup jauh lebih sehat. 

Berikut cara sederhana yang dapat Anda gunakan setiap saat secara cuma-cuma untuk meningkatkan kesehatan, dikutip dari laman Times of India, Kamis (10/12/2015).

1. Tersenyum

Salah satu cara termudah dan efektif untuk mendapatkan hal yang positif adalah dengfan tersenyum, hal ini dapat mengubah sejumlah partikel pada organ tubuh kita menjadi tersenyum.

Sejumlah penelitian menunjukkan adanya manfaat yang besar dari tersenyum dan tertawa. Membiasakan tersenyum akan membuat program otak dan tubuh Anda merasa sehat.

2. Menghela napas secara mendalam

Secara ilmiah oksigen adalah hal yang terpenting untuk kesehatan manusia dibandingkan makan dan minum. Manusia masih dapat bertahan hidup selama beberapa waktu tanpa makan dan minum, namun hanya dapat bertahan selama beberapa menit tanpa oksigen. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak pernah bernapas secara dalam sehingga ekstremitas paru-paru manusia tidak terpakai.

Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan secara dangkal menyebabkan kerugian pada kesehatan, karena kantung udara yang seharusnya dipakai mengalami penurunan oksigen karena tidak digunakan secara maksimal. Perlu lah Anda membiasakan diri untuk menghirup udara secara perlahan dan mendalam, karena hal ini penting bagi kesehatan dan Anda dapat memahami seberapa besar kekuatan pada pernapasan maupun
paru-paru Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdiri Tegak

3. Berdiri dengan tegak

Semua orang pasti sudah mengetahui khasiat dari membiasakan badan berdiri dengan tegak atau tegap. Berdiri atau duduk tegak tidak hanya bermanfaat bagi fisik (postur tubuh), namun hal ini dapat meningkatkan mood dan energi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk atau berdiri dengan tegak benar-benar dapat mengubah kimia dalam tubuh Anda. Ketika berdiri tegak, Anda menurunkan kortisol (hal yang membuat stres dan gugup), dan meningkatkan testosteron (membuat perasaan kuat dan percaya diri). Dengan mengubah postur tubuh Anda secara signifikan akan mengubah kesehatan plus mengubah suasana hati Anda.

4. Hindari pikiran negatif atau stres

Kondisi stres adalah penyebab besar dari segala penyakit karena dapat memberikan rasa ketidaknyamanan yang luar biasa. Efek negatif ini memang sebuah reaksi alami dan insting buruk setiap manusia, namun konsisten menyimpan rasa ini menyebabkan dampak negatif berkepanjangan.

Cara mudah untuk menghilangkan rasa stres bisa dilakukan dengan cara mengambil napas dalam-dalam yang memberikan efek dari kepala hingga ujung kaki hingga merasa rileks. Ini bisa Anda lakukan berkali-kali atau bahkan biasakan melakukan hal ini setiap hari untuk kesehatan yang lebih baik.

5. Berpikir positif

Pikiran dan emosi menjadi sumber dasar kehidupan setiap manusia. Pikiran positif sangat membantu kenyamanan hidup dan memberikan efek sehat jasmani maupun rohani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini