Sukses

Si Kecil Kena Asma, Penyakit Jantung Mengintai Setelah Dewasa

Penyakit yang disebabkan alergi seperti asma dan eksim, risiko terkena penyakit jantung di masa depan meningkat.

Liputan6.com, New York- Anak yang saat kecil memiliki alergi kemudian memicu asma, saat besar risiko terkena penyakit jantung lebih besar. Tak cuma asma, tapi juga penyakit yang disebabkan alergi seperti eksim juga sebabkan hal yang sama pada anak.

Anak yang terkena asma maupun eksim menurut studi yang dipublikasikan Journal of Allergy and Clinical Immunology menunjukkan tingkat yang lebih tinggi terkena obesitas, hipertensi, dan kolesterol tinggi dibandingkan anak-anak tanpa alergi. Ketiga kondisi tersebut merupakan faktor risiko penyakit jantung seperti dikutip laman Time, Rabu (9/12/2015).

Para peneliti memprediksi anak-anak dengan alergi cenderung diam dan kurang aktif secara fisik, sebagian jarang keluar rumah dan tak berilharga sehingga membuat kesehatan jantung tak terjaga.

Lalu secara biologis, alergi memicu peradangan, hal ini turut menjadi salah satu faktor yang memperburuk kinerja jantung seperti dikutip laman Time, Rabu (9/12/2015)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Alergi

Video Terkini