Sukses

Pria, Lakukan Ini untuk Kulit dan Rambut Lebih Sehat

Tidak seperti wanita, para pria tidak menggunakan bermacam-macam hal, seperti kosmetik, untuk menutupi ketidaksempurnaan wajah dan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti wanita, para pria tidak menggunakan bermacam-macam hal, seperti kosmetik, untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah atau rambut. Ketika usia bertambah, kekurangan bisa bertambah buruk jika kita tidak mengambil langkah tepat untuk memperbaiki dan menjaganya.

Jadi, apa yang harus dilakukan para pria, terlebih dengan banyaknya informasi diiluar sana? Untuk memisahkan antara fakta dan fiksi, Dr. Doris Day, sorang Dermatologi terpandang dan jurnalis kesehatan di New York, akan memberikan informasi mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan mulai sekarang untuk mendapatkan kulit dan rambut yang lebih baik.

"Dengan melakukan hal-hal sederhana, Anda bisa mendapatkan pengaruh yang besar terhadap tampilan kulit Anda,” ujar Dr. Day.

Dilansir dari Ask Men, berikut adalah daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk kulit dan rambut yang lebih baik.

1. Pelindung sinar matahari- setahun penuh

Banyak studi yang menunjukkan, bahwa walapun Anda baru memulai saat ini, dengan menggunakan krim pelindung matahari setiap harinya-bahkan ketika cuaca sedang mendung-Anda akan mengurangi resiko penuaan pada kulit sebesar 24 persen. Satu alasan lagi kenapa pria harus mulai menggunakan krim pelindung matahari.

"Satu dari hal-hal sederhana yang dapat Anda laukakan adalah dengan menggunakan krim pelindung matahari, selama setahun penuh,” ujar Dr. Day. “Mencegah timbulnya permasalahan akan jauh lebih baik dibandingkan harus memperbaikinya nantinya.”

Pastikan Anda melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Gunakan tabir surya, dan perbanyaklah asupan vitamin Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan rambut

2. Asupan sodium

Tahukah Anda bahwa mengurangi asupan sodium dapat mengurangi efek kantung mata Anda. Memang tidak mudah mengurangi garam, namun jika hal itu dapat memperbaiki kulit Anda, bukankah itu merupakan hal yang baik? Sodium bisa menyebabkan efek terhadap kulit yang mudah terlihat.

Tubuh manusia semuanya mengenai beban positif dan negatif pada seluruh sel-sel tubuh kita. Yang terjadi adalah garam menyerap air dari dalam sel-sel tubuh, bagian yang membutuhkan air, dan menaruhnya pada bagian yang salah di tubuh Anda.

Kurangi asupan garam Anda dan minumlah air putih yang cukup banyak untuk mengeluarkan sisa-sisa sodium pada tubuh, yang dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Garam mempunyai akibat jangka pendek terhadap penampilan Anda.

3. Perawatan Rambut

Ketika kulit Anda menua, begitu juga dengan rambut Anda, dan kemungkinannya akan mengarah kepada penipisan rambut atau kebotakan. Menggunakan produk perawatan yang tepat sangat penting pada kondisi ini, dan merawat secepatnya akan memberikan Anda peluang yang lebih baik untuk mengatasinya.

Bagaimana mengatasi kerontokan rambut? Gen yang diturunkan kepada Anda sangat berpengaruh, namun sangat kritis untuk menyadari ketika Anda mulai mengalami kerontokan, sama pentingnya dengan berhati-hati menggunakan produk perawatan rambut.

Ada banyak produk perawatan rambut yang beredar dipasaran. Namun untuk memastikannya, temuilah dokter Anda untuk memastikan perawatan yang sesuai dengan Anda.

3 dari 3 halaman

Suplemen dan diet

4. Suplemen

Banyak orang yang berpikir bahwa suplemen bukan hal yang penting, karena kita mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan pada menu diet kita. Namun, ternyata itu tidak sepenuhnya benar.

Hal pertama yang harus Anda sadari adalah suplemen digunakan sebagai penambah pada diet sehat Anda, bukan menggantikannya.

5. Diet dan olahraga

Apakah makanan yang Anda makan dapat melindungi Anda dari kerusakan kulit akibat sinar matahari? Dr. Day mengatakan bahwa berdiet dan melakukan olahraga memainkan peranan penting dalam penampilan kulit Anda.

Diet mempunyai pengaruh besar terhadap kulit Anda. Bagaimana kulit menua, bagaimana respon terhadap sinar matahari, bagaimana kulit merespon terhadap luka dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkannya tergantung pada apa yang Anda makan.

Konsumsilah makanan berwarna gelap seperti buah delima dan macam-macam beri serta makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, kenari dan ikan. Sedangkan berolahraga membantu pembentukan otot, sirkulasi, penyembuhan dan metabolisme tubuh.

Kedua hal ini sangat penting secara independen, namun pastikan bahwa keduanya bekerja dengan baik pada tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini