Sukses

Ramuan Ajaib dari Dapur bisa Sembuhkan Kelelahan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas yang padat serta tugas dan tanggung jawab yang besar di tempat kerja, membuat kita sering merasa lelah. Bila rasa lelah tidak bisa hilang setelah Anda beristirahat, ahli medis menyebutnya fatigue dan hal ini bisa mempengaruhi emosional dan psikologis seseorang.

Fatique ini bukan penyakit yang muncul dengan tiba-tiba. Biasanya, dalam banyak kelelahan seperti ini adalah gejala dari anemia, diabetes, penyakit tiroid, penyakit jantung, kanker, dan gangguan tidur.

Jangan terlalu khawatir

, bisa saja fatigue dapat disebabkan karena kegiatan dan kebiasaan hidup yang tak sehat, seperti:

1. Minum alkohol atau penyalahgunaan alkohol
2. Penggunaan kafein,
3. Aktivitas yang berlebihan
4. Kurangnya aktivitas,
5. Kurang tidur,
6. Penggunaan obat, contohnya antihistamin, obat batuk dan obat flu
7. Kebiasaan makan yang tidak sehat

1 dari 2 halaman

Resep Anti Lelah

Tanda-tanda awal kelelahan ini bisa diobati dengan obat-obatan alami, bahkan yang sudah Anda simpan di dapur. Dikutip dari laman Health Aim, pada Selasa (8/12/2015) siang, berikut solusi mengatasi kelelahan atau fatique yang kronis:

Jeruk

Minum secangkir jus jeruk segar dengan sedikit garam batu. Lakukan ini setiap pagi atau malam hari sebelum tidur.

Kurma

Rendam 5 kurma segar dalam segelas air semalaman. Di pagi hari, ambil kurma dan air tersebut untuk diblender dan minumlah. Kurma kaya akan kalium dan magnesium yang membantu meningkatkan energi dan meningkatkan kesehatan mental yang baik.

Buah mangga

Makan satu mangga matang setiap hari, dan setelah satu jam minum secangkir susu hangat. Langkah ini akan membantu menenangkan saraf Anda dan membuat Anda merasa santai.

Madu dan kayu manis

Ambil setengah sendok makan madu dalam segelas air yang ditaburi bubuk kayu manis. Minumlah dua kali sehari selama seminggu. Madu dan kayu manis mengandung antioksidan dan enzim yang dapat membantu meningkatkan energi Anda dan meningkatkan metabolisme Anda. Kayu manis juga baik untuk jantung dan saraf.

Kelelahan merupakan sinyal bahwa tubuh Anda membutuhkan waktu bersantai dan pemulihan diri dan jangan mengabaikan tanda-tandanya. Sesuaikan jadwal Anda untuk memberikan tubuh cukup waktu untuk istirahat.

Jika kelelahan terus berlanjut meskipun Anda sudah beristirahat, bisa jadi ada gangguan medis yang menjadi penyebab kelelahanatau fatigue ini. Oleh sebab itu, segeralah berkonsultasi dengan mengunjungi dokter.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek