Sukses

Manfaat Licorice untuk Obati Alzheimer

Ekstrak akar manis atau licorice yang dikenal untuk mengatasi batuk ternyata juga efektif mengobati penyakit seperti alzheimer.

Liputan6.com, Jakarta Ekstrak akar manis atau licorice yang dikenal untuk mengatasi batuk, ternyata juga efektif mengobati penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

Seperti diberitakan Mirror, Selasa (8/12/2015), bahan kimia asam salisilat yang ditemukan pada tumbuhan ini dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengikat enzim Gliseraldehida 3-fosfat dehidrogenase (GAPDH) yang berkaitan dengan penyakit saraf.

Profesor Solomon Snyder, dari Johns Hopkins University mengatakan, banyak orang sebelumnya berpikir, enzim GAPDH hanya sekadar memetabolime glukosa. Namun studi baru menetapkan GAPDH sebagai target obat salisilat yang relevan dengan terapi obat aspirin.

Awal tahun ini penulis studi, Profesor Daniel Klessig dari Boyce Thompson Institute dan Cornell University akan mengidentifikasi asam salisilat yang disebut HMGB1 (High Mobility Group Box 1). Bahan kimia ini menyebabkan peradangan dan berhubungan dengan beberapa penyakit, termasuk radang sendi, lupus, sepsis, aterosklerosis dan kanker tertentu.

"Pemahaman lebih untuk mengetahui asam salisilat dan turunannya dalam mengatur kegiatan GAPDH dan HMGB1 ini perlu diteliti lebih lanjut. Itu karena asam salisilat digunakan dalam produk perawatan kulit termasuk sampo anti-ketombe dan perawatan jerawat. Sumber lainnya seperti blackberry, blueberry, anggur, buah kiwi, aprikot, paprika hijau, buah zaitun, tomat, lobak, sawi putih, almond, chestnut air dan kacang," tulis dia dalam studi ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini