Sukses

9 Bahan Alami Hilangkan Rasa Mabuk Alkohol

Beberapa jenis makanan dapat menghilangkan rasa mabuk atau mual karena sisa alkohol.

Liputan6.com, Jakarta Tylenol dan minuman berenergi dapat menyembuhkan atau mencegah rasa mabuk. Selain itu terdapat juga obat-obat herbal yang dicampur dengan rasa mint untuk menghilangkan rasa mabuk karena alkohol. Sayangnya sebagian besar minuman dan obat pereda atau pencegah rasa mabuk mengandung bahan yang cukup berisiko untuk kesehatan. Suatu penelitian menemukan beberapa makanan yang dapat meredakan rasa mabuk secara alami.

1. Asparagus

Menurut penelitian di Korea pada tahun 2009, para ilmuan Korea menemukan bahwa ekstrak yang diambil dari daun dan tunas asparagus dapat meningkatkan kadar enzim yang kuat.

Aaron White, PhD, Direktur program riset pencegahan bawah umur dan perguruan tinggi minuman di National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism mengatakan, "Menyantap asparagus dengan sisa minuman akan memperlambat alkohol ke dalam aliran darah," jelas Aaron White. Dikutip dari Eatclean Selasa (8/12/2015).

2. Telur

Protein dalam telur membantu menstabilkan gula darah, sedangkan sistem protein dapat membantu mencegah racun pada tubuh, menurut The Big Doctors Book of Home Remedies. Telur organik dapat mempercepat pengembalian vitamin B pada tubuh yang telah dikuras oleh zat dari minuman beralkohol. Telur organik ini berasal dari telur ayam yang diendapkan di atas permukaan rumput dengan penambahan pupuk berjenis pupuk organik.

3. Buah kaktus

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada buah kaktus membantu mengimbangi kerusakan yang telah diakibatkan oleh minuman alkohol. Para peneliti di Turlane University menemukan bahwa orang yang meminum alkohol jika mengambil ekstrak dari pir berduri kaktus saat lima jam sebelum mengonsumsi alkohol akan mencegah mabuk yang parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerupuk dan Madu

4. Kerupuk dan madu

Antioksidan dan fruktosa dalam madu yang terkonsentrasi dapat membantu menghilangkan sisa dari alkohol yang ada dalam tubuh. Untuk sebagian orang yang tidak menyukai madu, dapat mencoba mengonsumsi kerupuk atau crakers yang dilumuri madu.

5. Pisang

Mengkonsumsi pisang dapat membantu mengembalikan kadar potasium tubuh dan meningkatkan fungsi otot, dan lemas pada tubuh akan segera menghilang.

6. Air kelapa

Elektrolit pada air kelapa menghilangkan bahan-bahan jahat pada makanan yang terdapat dalam tubuh. Sebuah analisis menemukan bahwa zico alam murni pada air kelapa mengandung kadar elektrolit yang setara dengan minuman berenergi.

7. Biji gandum

Biji gandum ini dapat menghabiskan asam - amino dalam tubuh dan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang dilakukan.

8. Roti panggang

Saat flu terkadang beberapa iris roti panggang dapat mengisi perut dengan maksimal karena saat flu makanan atau minuman yang dikonsumsi mungkin tidak seenak saat keadaan tubuh normal. Secara otomatis roti panggang menghasilkan lebih banyak glukosa dan karbohidrat yang tersimpan dalam tubuh. Namun saat hati terkontaminasi dengan alkohol, maka organ hati akan sibuk dan tidak bisa mengatur gula darah, sehingga menyebabkan tubuh kehabisan energi.

9. Jus tomat

Jus tomat dapat menambah vitamin dan mineral pada tubuh yang terkontaminasi oleh alkohol, di mana hidrat pada tomat, kandungan madu dan fruktosa dalam jus tomat juga dapat membantu menghilangkan sisa alkohol pada tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.