Sukses

Soda Bebas Gula Juga Dapat Merusak Gigi Anda

Soda yang bergula dan permen bisa membuat gigi berlubang, namun studi terbaru menemukan bahwa soda bebas gula juga dapat merusak gigi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mengetahui bahwa soda yang bergula dan permen bisa membuat gigi berlubang, namun studi terbaru menemukan bahwa soda bebas gula juga dapat merusak gigi Anda.

Para peneliti dari University of Melbourne’s Oral Health Cooperative Research Centre mengekspos gigi geraham manusia dengan 15 minuman berbeda, termasuk minuman soda reguler, minuman olahraga, susu, dan 3 soda bebas gula. Setelah terendam dengan baik, mereka mengamati seluruh gigi, memeriksa perubahan tingkat kalsium, berat, dan kerusakan permukaan, seperti dilansir dari laman Good Housekeeping, ditulis Selasa, 8/12/2015.

Secara mengejutkan, tidak ada perbedaan siginifikan antara kerusakan yang ditimbulkan oleh minuman bebas gula (hanya susu yang menyebabkan kerusakan yang tidak berarti). Namun para ahli mengetahui penyebabnya.

Tidak seperti soda yang mengandung gula, yang mendorong pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan dan gigi berlubang, soda bebas gula mengandung bahan yang menyebabkan erosi pada gigi, sebuah proses yang melunturkan enamel gigi, yang pada akhirnya mengekspos bagian yang lembut dan sangat sensitif pada bagian dalam gigi.

Penyebab utamanya diperkirakan oleh asam fosfor-bahan pokok soda terlepas dari apakah mengandung gula-dan asam sitrat. Kedua bahan pokok tersebut mengikat kalsium, yang akan melemahkan gigi, membuat gigi terasa berkapur jika menyentuh lidah, dan menyebabkan gigi sensitif.

Inti pada studi ini adalah satu hal yang selalu dielakkan oleh orang-orang. Ketika menyangkut mengenai kesehatan gigi, air putih selalu menang.

Dan jika memang Anda harus meminum minuman bersoda, berkumurlah dengan air setelahnya alih-alih langsung menggosok gigi Anda, yang justru dapat memperburuk erosi pada gigi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini