Sukses

7 Manfaat Pelukan yang Tak Boleh Dilewatkan

Pelukan adalah sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Menurut penelitian di University of Kansas AS, pelukan erat selama 10-20 detik bisa melancarkan sirkulasi darah dan oksigen sehingga menyegarkan tubuh.

Pelukan adalah sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit. Selain itu memeluk dan tertawa juga sangat efektif dalam menyembuhkan depresi, kecemasan, dan menjadi salah satu tips menghilangkan stres dan beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan stres. 

Baca juga: 

Berikut adalah 5 manfaat lain dari pelukan yang tidak boleh dilewatkan, seperti yang ditulis Boldsky, Senin (7/12/2015).

1. Hadirkan rasa nyaman
Menurut penelitian University of North Carolina, AS, memeluk pasangan meski hanya semenit akan meningkatkan hormon oksitosin yang akan membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi cemas. Pasalnya pelukan dapat melepaskan hormon oksitosin yang merupakan hormon kebahagiaan.

2. Hilangkan stres
Selain membuat bahagia, oksitosin juga dapat mengurangi tingkat hormon stres kortisol. Jadi jika Anda dalam kondisi stres, sebaiknya Anda melakukan terapi pelukan bersama pasangan untuk menenangkan hati dan pikiran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan sistem imun

3. Tingkatkan sistem imun
Tingkat imunitas pada tubuh seseorang ternyata bisa dipengaruhi oleh emosional mereka. Tekanan tubuh yang dirasakan ketika berpelukan akan mengaktifkan Solar Plexus Chakra pada tubuh. Ini akan menstimulasi kelenjar timus dan tubuh kita menyeimbangkan produksi sel darah putih.

4. Menjadi lebih intim
Secara langsung pelukan akan membuat pasangan yang tadinya jauh secara fisik dan emosional menjadi lebih dekat. Tanpa disadari, aktivitas keseharian membuat jarak antara Anda dan pasangan karena itu ada baiknya sebelum pergi tidur Anda dan pasangan melakukan ritual pelukan.

5. Tidur nyenyak
Saat Anda terbebas dari rasa stres, Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Pelukan akan membantu Anda tidur nyenyak dan nyaman.

6. Merangsang kinerja hormon baik
Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, yaitu oksitosin dan serotonin yang membuat Anda merasa tenang, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian serta amarah.

7. Menjadikan tubuh rileks
Pelukan ternyata juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh kita, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh. (Yasmine)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini