Sukses

7 Masker Alami untuk Kulit Halus dan Mulus

Ada banyak varian masker yang bisa Anda buat sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin berlama-lama di spa dan terlihat lebih cantik? Kaum Hawa pasti sangat menyukai aktivitas santai yang satu ini. Tapi, tentunya ada konsekuensi yang harus Anda terima, yakni harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kemewahan pelayanan spa.

Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan namun tetap memiliki kulit cantik berseri bisa mencoba beberapa resep masker rumahan di bawah ini. Ada banyak varian masker yang bisa Anda buat sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di dapur. Cukup sesuaikan bahan dengan jenis kulit Anda, entah kering, berminyak, atau kombinasi. Pastikan Anda mencuci wajah hingga bersih dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit sebelum mengaplikasikan masker.

Berikut 7 masker yang bisa Anda buat dari bahan yang tersedia di rumah, dilansir dari laman Herbeauty, Senin (28/12/2015):

1. Avokad

Avokad dilengkapi dengan lemak baik dan vitamin yang bisa membuat Anda kenyang ketika menyantapnya. Jika diaplikasikan pada kulit, Anda juga akan mendapat nutrisi yang sama. Kulit Anda jadi tampak lebih sehat. Campurkan dengan sedikit sari lemon untuk meredakan kelainan kulit seperti psoriasis dan eksim.

2. Susu dan Sirup Maple

Campuran susu dengan sirup maple ampuh membuat kulit Anda lebih kenyal. Sirup maple adalah antioksidan yang mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan penuaan dini. Masker susu dan sirup maple cocok untuk mengatasi kerutan agar kulit terlihat lebih muda.

3. Scrub brown sugar

Brown sugar bisa dijadikan scrub wajah. Meski teksturnya agak kasar namun brown sugar tak akan membuat kulit luka atau iritasi. Campurkan brown sugar dengan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.

4. Pisang-Yoghurt-Madu

Campuran masker pisang, yoghurt, dan madu baik untuk kulit berminyak. Asam amino pada pisang menutrisi jaringan kulit dan membantu mempertahankan elastisitas kulit. Sementara potasium membantu klit tetap terhidrasi dari dalam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stroberi, dan oatmeal

5. Strawberry

Strawberry mengandung vitamin C dan asam salisilat yang ideal untuk mengobati jerawat. Campurkan strawberry dengan yoghurt untuk efek menenangkan pada kulit.

6. Oatmeal (gandum)

Kombinasikan air, yoghurt, dan putih telur. Kandungan asam amino yang tinggi pada oatmeal membantu memperbaiki bekas jerawat pada kulit. Asam amino juga merupakan antialergi alami.

7. Mayones

Minyak kedelai dan telur pada mayones sangat melembapkan bagi kulit. Mayones juga sangat mudah diaplikasikan di wajah. Sementara kandungan cuka pada mayones menstimulasi sel-sel kulit dan mengangkat kulit mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.