Sukses

Bersihkan 5 Benda Ini Saat Anggota Keluarga Terserang Flu

Memasuki musim penghujan seperti saat ini membuat kita rentan terserang flu. Menjaga kebersihan adalah salah satu cara cegah flu.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim penghujan seperti saat ini membuat kita rentan terserang flu. Menjaga kebersihan adalah salah satu cara menjaga agar virus flu tak mudah menyebar.

Perhatikan kebersihan hal-hal berikut ini di area rumah Anda, terutama jika ada anggota keluarga yang tengah flu:

1. Termometer

Penting untuk selalu membersihkan termometer setelah digunakan. Mengenai bagaimana cara membersihkannya, tergantung pada tipe termometer milik Anda.

Untuk termometer yang terbuat dari kaca, cuci dengan sabun dan air dingin, bilas lalu keringkan. Atau Anda bisa menyekanya dengan kain yang telah direndam alkohol. Biarkan mengering terkena angin.

Untuk termometer digital, lap dengan alkohol dan kain lembut lalu biarkan mengering terkena udara.

Sedangkan bagi termometer jenis instant reading, bersihkan bagian yang terpapar kulit pengguna dengan kain lembut yang telah dituangi alkohol. Meskipun alat ini bisa membaca suhu tanpa harus bersentuhan dengan kulit, seringkali sensornya tak sengaja tersentuh, dilansir dari laman Today, Minggu (6/12/2015).

2. Humidifier

Anda perlu membersihkan pelembap ruangan ini jika:
- sudah digunakan selama beberapa bulan
- digunakan sepanjang hari
- belum digunakan selama beberapa minggu

Bagian tangkinya harus dikeringkan dan dilap dengan lap kering setiap satu atau dua hari sekali. Jika timbul endapan kotoran atau lumut dalam tangki, cuci dengan cuka (1 cangkir cuka dicampur 1 kuart air) atau campuran ringan dari pemutih dan air lalu bilas dan keringkan.

Bagian bawahnya alat ini pun perlu dibersihkan dengan menuangkan cuka murni di permukaannya. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

3. Cangkir obat

Cangkir apa pun yang digunakan untuk meminum obat perlu dicuci bagian dalam dan luarnya dengan sabun dan air hangat setiap kali habis dipakai.

4. Sikat gigi

Menurut CDC, seseorang tak akan bisa terinfeksi penyakit yang sama meski tak mengganti sikat gigi. Meski begitu, tak ada salahnya merendam sikat gigi dalam cairan kumur selama beberapa menit. Bilas dan simpan tanpa perlu menutupnya dan pastikan tak bercampur dengan sikat gigi lain.

5. Tempat sampah

Tempat sampah berisi tisu dan pada tisu terdapat kotoran yang bisa menyebarkan kuman. Melapisi tempat sampah dengan kantong plastik adalah langkah penting untuk mencegah bakteri menyebar, namun ini tak bisa dijadikan jaminan. Karena tak hanya tempat sampah berisi kuman dari tisu yang dipakai untuk menutupi bersin atau batuk, melainkan terkadang ada lubang di plastik sehingga beberapa tisu bisa bersentuhan dengan permukaan tempat sampah. Membersihkan tempat sampah bisa menghilangkan kuman sebelum mereka menyebar.

Lapisi tempat sampah dengan kantong plastik dan ganti setiap hari. Setelah anggota keluarga Anda sembuh dari flu, segera cuci bersih tempat sampah sesuai petunjuk dari pabrikan dan semprot dengan disinfektan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini