Sukses

5 Manfaat Sehat Mendengarkan Musik

Pernahkan mencermati bagaimana musik bisa mengubah suasana hati Anda?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan mencermati bagaimana musik bisa mengubah suasana hati Anda? Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Seringkali musik juga menemani kita berlatih di gym atau menyelesaikan tugas kuliah atau kantor yang menumpuk.

Ya, musik memang memiliki segudang pengaruh dalam hidup manusia, termasuk juga dalam hal kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat kesehatan dari musik, dilansir laman Inminutes, Minggu (6/12/2015):

1. Memperbaiki tekanan darah dan detak jantung

Mendengarkan musik favorit membuat otak melepaskan endorfin yang baik untuk kesehatan jantung. Penelitian membuktikan, pasien yang telah menjalani operasi jantung yang mendengarkan musik lebih cepat pulih dengan tekanan darah lebih rendah dan ritme jantung yang lebih lambat.

Baca juga:

2. Menjaga otak tetap sehat

Ritme musik memberi efek jangka panjang pada otak seperti meningkatkan daya ingat dan melindungi dari kerusakan otak. Anda bisa menunda proses penuaan otak hanya dengan mendengarkan musik kesukaan.

3. Meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi

Studi menunjukkan anak yang ikut kelas musik memiliki kemampuan visual dan verbal lebih baik serta perkembangan IQ yang pesat. Meningkatkan sistem imun Mendengarkan musik yang Anda sukai membantu menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang menyebabkan stres dan melemahkan sistem imun. Mendengarkan musik juga membantu tubuh memproduksi antibodi lebih baik.

4. Membuat bahagia dan menghalau depresi

Musik bisa memengaruhi perasaan. Hanya dengan mendengarkan musik, Anda bisa merasa bahagia, sedih, atau bersemangat. Apa pun jenis musik yang Anda dengarkan selama membuat Anda senang, otak akan melepaskan dopamin yang membuat Anda merasa lebih baik. Dengan begitu tekanan darah akan jadi lebih baik, menghilangkan kecemasan, dan meningkatkan mood.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Musik membantu mengatasi stres dan menjaga detak jantung tetap stabil sehingga tidur Anda jadi lebih nyenyak. Jika Anda mengalami insomnia, tak ada salahnya coba mengatasinya dengan mendengarkan musik favorit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.