Sukses

Kentang Goreng Picu Kanker?

Pecinta kentang goreng, mungkin sebaiknya Anda berhati-hati.

Liputan6.com, Jakarta Pecinta kentang goreng, mungkin sebaiknya Anda berhati-hati. Sebuah penelitian dari Universitas Idaho menemukan fakta yang mengejutkan. Pemimpin studi Yi Wang menemukan bahan kimia akrilamida pada saat kentang digoreng.

Seperti diberitakan Times of India, Sabtu (5/12/2015), akrilamida merupakan senyawa organik sederhana yang memiliki rumus kimia C₃H₅NO dan berpotensi berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu kanker.

Badan Peneliti Kanker (The International Agency for Research on Cancer) mencatat, senyawa ini sama bahayanya dengan karsinogen yang dapat mengaktifkan sel kanker.

Tim menilai 149 varietas kentang yang tumbuh di seluruh Amerika. Tujuannya untuk mengidentifikasi kentang mana yang membentuk akrilamida. Setelah panen, mereka mengirim beberapa kentang mentah ke laboratorium. 

Setelah itu, para peneliti kemudian menggoreng beberapa kentang dan mengamati berapa banyak akrilamida terbentuk. Dan hasilnya, seperti yang telah diprediksi. 

"Tantangan yang sebenarnya adalah menemukan varietas yang menghasilkan produk berkualitas yang memenuhi standar ketat dari industri makanan," kata Wang.

Tim berharap mengidentifikasi kembali varietas kentang yang menunjukkan hubungan antara genetika kentang mentah dan potensinya untuk membentuk akrilamida.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Crop Science ini juga mencatat bagaimana tingginya akrilamida pada makanan yang diolah dalam suhu tinggi. Dan tingkat yang relatif tinggi ditemukan dalam kentang goreng, termasuk kentang goreng kemasan dan keripik kentang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini