Sukses

Nanoterminator: Logam Mungil Pembunuh Sel Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang sangat sulit atau nyaris tak mungkin untuk diobati.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker adalah penyakit mematikan yang sangat sulit atau nyaris tak mungkin untuk diobati. Tapi kabar baiknya, para ilmuan mampu menemukan solusi yang lebih efektif untuk mengobati kanker.

Nama teknologi pengobatan tersebut adalah nanoterminator, yakni logam beurukan kecil yang dapat membunuh sel-sel kanker. Dikutip dari Health Aim, pada Jumat (4/12/2015) siang, solusi baru ini memungkinkan dokter memberikan pengobatan lebih cepat pada sasaran mereka.

Secara teknis, logam cair ini bakal ditaruh dalam aliran darah, di mana mereka bisa melekatkan diri sendiri pada sel-sel kanker dan membunuhnya. Logam yang mengalami biodegradasi ini sebetulnya dulu pernah sekali digunakan.

Zhen Gu, salah satu penulis dalam studi ini mengatakan kalau obat logam ini bisa diproduksi secara massal. "Kemajuan di sini adalah kita memiliki teknik pengiriman obat yang dapat meningkatkan efektivitas obat, dapat membantu dokter menemukan tumor, dapat diproduksi secara massal , dan mengalami biodegradasi dengan toksisitas yang sangat rendah," tutur Zhen Gu.

"Dan salah satu keuntungan dari teknik ini bahwa pembawa obat logam cair atau nano-terminator, sangat mudah dibuat," pungkasnya.



Logam ini bakal menempel sel-sel kanker dan sel-sel kanker menyerapnya hingga sel tersebut mati. Proses ini telah diuji pada tikus laboratorium dan tidak ada reaksi keracunan saat itu.

Nano-terminator telah terbukti jauh lebih efektif daripada menyuntikkan obat ke aliran darah. Semoga kita bisa melihat masa depan yang lebih baik dalam penyembuhan penyakit lain, menggunakan teknik nanoterminator ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini