Sukses

9 Gejala Meningitis yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Imunisasi melawan penyakit meningitis B untuk para bayi telah digalakkan pemerintah Inggris, Skotlandia, dan Wales secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Imunisasi melawan penyakit meningitis B untuk para bayi telah digalakkan pemerintah Inggris, Skotlandia, dan Wales secara gratis.

Dikutip dari The Mirror, pada Jumat (4/12/2015) pagi, ini adalah program vaksinasi pertama di dunia yang didanai oleh masyarakat terhadap penyakit yang berpotensi fatal tersebut. Sebenarnya, seberapa bahayakah meningitis pada anak?

Meningitis adalah peradangan lapisan sekitar otak dan sumsum tulang belakang, bisa disebabkan oleh organisme termasuk bakteri dan virus. Diperkirakan pada 1.870 kasus meningitis B di Inggris Britania Raya tiap tahunnya.

Meski bisa menyerang manusia pada segala usia, umumnya meningitis diderita bayi berumur kurang dari satu tahun. Di Indonesia sendiri, data prevalensinya belum ada yang tepat berhubung kasus meningitis sering disangka penyakit atau infeksi lain.

Karena tidak ada vaksinasi yang bisa memberikan perlindungan 100 persen serta banyak jenis dari meningitis, orang tua dari bayi serta anak-anak masih perlu waspada.

Gejala-gejala yang mungkin muncul pada anak-anak di bawah ini mungkin tak berurutan atau tidak semua diderita si kecil, tapi Anda sebagai orang  tua perlu tahu.

Berikut sembilan gejala meningitis pada anak.

1. Wajah pucat dan memiliki kulit dengan bercak merah yang tidak luntur jika Anda memijatnya.

2. Merasa gelisah dan tidak ingin digendong

3. Demam tinggi dengan tangan dan kaki dingin

4. Muntah dan menolak untuk diberi makan

5. bernapas cepat atau mendengus

6. Mudah mengantuk dan tidak responsif

7. Dengan tidak biasa, anak Anda bernada tinggi saat bicara atau mengerang saat menangis

8. Merasa kekakuan di leher mereka

9. Tidak suka cahaya terang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.