Sukses

Awas, Diet Soda Dapat Menghitamkan Gigi

minuman diet soda merubah warna gigi menjadi hitam

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mengetahui bahwa mengkonsumsi soda dan gula dengan jangka waktu yang berlebihan, akan menimbulkan gigi berlubang. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa diet soda (soda bebas gula) dapat memberikan efek buruk pada gigi.

Percobaan ini telah diteliti oleh Oral Health Cooperative Research Centre dari University of Melbourne, Australia. Mereka mengeksekusi 15 macam minuman pada gigi geraham manusia. Minumannya diantara lain ialah, minuman soda bergula, minuman berenergi, susu dan tiga jenis minuman soda bebas gula. Penelitian ini dilakukan dengan cara merendam gigi geraham manusia pada minuman-minuman tersebut. Dilansir dari laman Goodhousekeeping, Jumat (4/12/2015).

Setelah direndam selama beberapa waktu, mereka mulai memeriksa semua gigi tersebut. Pada penelitian ini ditemukan perubahan kadar kalsium, berat badan dan juga ditemukan kerusakan pada permukaan gigi. Namun, anehnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kerusakan yang disebabkan oleh minuman manis dan bebas gula, dan pada susu pun ditemukan kerusakan ringan (sepele).

Tetapi para ahli menemukan apa yang membedakan kerusakan antara soda dan minuman manis. Bahan-bahan yang ada di dalam kandungan diet soda dapat menyebabkan erosi pada gigi. Erosi pada gigi ialah suatu proses hilangnya atau rusaknya lapisan permukaan gigi atau lapisan email yang disebabkan oleh zat yang bersifat asam, yang akhirnya merubah bagian dalam gigi yang lembut dan menjadi sangat sensitif. Selain itu zat yang ada di dalam kandungan diet soda akan memberikan warna di sekitar pinggiran gigi akan berubah menjadi kehitaman.

Untuk menghindari perubahan pada gigi, minumlah air mineral sesudah Anda meminum diet soda. Kebanyakan orang hanya menyikat gigi saja setelah meminum diet soda, namun hal itu justru akan dapat memperburuk erosi pada gigi. (Bella J)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini