Sukses

7 Resep Atasi Kebotakan Rambut ala India

Kebotakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pemakaian helm atau ropi yang terus meneru, diet tak sehat, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta - Kebotakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pemakaian helm atau ropi yang terus-menerus, diet tak sehat, stres, polusi, konsumsi obat-obatan, faktor gen, dan lain-lainnya. Tapi bukan berarti Anda hanya bisa pasrah menerima keadaan.

Banyak cara alami yang bisa memperlambat proses kebotakan bahkan menghentikan kebotakan yang tengah dialami. Jadi, jangan khawatir.

Dikutip dari India Times, pada Rabu (2/12/2015), setidaknya 7 cara yang dilakukan orang India untuk menghentikan kebotakan dan menjaga agar rambut tetap lebat seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Protein

Dari daging-gadingan, ikan, kacang kedelai dan protein lain bisa meningkatkan pertumbuhan rambut atau berguna untuk mencegah kebotakan.

2. Minyak esensial

Pijat kulit kepala dengan minyak esensial selama beberapa menit. Hal ini membantu folikel rambut Anda tetap aktif. Anda bisa menambahkan lavender ke dalam minyak almond atau minyak wijen.

3. Jaga tetap kering

Pria dengan kepala berminyak karena sering berkeringat bisa berketombe dan berpotensi mengalami kebotakan lebih cepat. Gunakan shampo yang mengandung lidah buaya agar kulit kepala tetap dingin dan mencegah dari ketombe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus Bawang

4. Jus bawang

Anda bisa pakai jus bawang putih, bawang merah, sampai jahe dan menggosokkannya di kulit kepala. Biarkan semalaman dan bilas pada pagi harinya. Lakukan selama seminggu dan Anda bisa lihat hasilnya.

5. Teh hijau

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggosok teh hijau ke rambut dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Yang perlu Anda lakukan, rebus dua kantong teh dalam takaran satu cangkir. Biarkan sampai dingin dan aplikasikan ke rambut Anda.

Bilas rambut Anda satu jam kemudian. Terapkan cara ini selama seminggu sampai sepuluh hari untuk melihat hasilnya.

6. Cuka

Cuka sarat dengan kalium dan enzim lain yang meningkatkan pertumbuhan rambut serta melawan ketombe. Yang harus Anda lakukan setelah mencuci rambut, tambahkan setengah cangkir cuka dalam seperempat ember air dan celupkan rambut Anda ke dalamnya. Biarkan cuka tersebut di rambut selama 10-15 menit, dan kemudian bilas.

7. Daun intaran

Di India, nama daun bergerigi ini adalah daun neem atau mimba. Anda bisa berkeramas dengan jus daun intaran dan kemudian bilas sampai bersih. Ini sangat efektif untuk rambut rontok yang disebabkan karena kelebihan minyak di kulit kepala atau infeksi kulit invasif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ketombe atau dandruff berasal dari bahasa Anglo-saxon, yang merupakan gabungan kata yang berarti tetter, yaitu penyakit kulit

    Ketombe

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • rambut botak

Video Terkini