Sukses

Satu Alasan Lagi untuk Konsumsi Cokelat

Tidak perlu banyak alasan untuk menyukai coklat, namun alasan terbaru ini akan semakin membuat Anda mencintainya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak alasan untuk mencintai cokelat. Jika semua alasan itu belum cukup, ada satu alasan lagi untuk mencintai cokelat, seperti dilansir dari Real Simple, Rabu, 2/12/2015. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa cokelat memegang manfaat lain bagi kesehatan, cokelat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Studi terbaru yang dipublikasikan pada Nature, menerangkan bahwa senyawa yang ditemukan pada cokelat ternyata bisa membantu mengurangi kepikunan akibat usia lanjut.

Para peneliti dari Columbia University mempelajari 37 otak orang berusia 50 hingga 69 tahun. Separuh dari para partisipan tersebut diberikan minuman cokelat, dengan kandungan flavanol (senyawa dari buah kakao) yang tinggi setiap hari selama tiga bulan. Separuh lainnya meminum minuman yang serupa dengan kandungan flavanol yang lebih rendah.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang meminum minuman dengan kandungan flavanol yang tinggi memperlihatkan peningkatan pada uji ingatan dan peningkatan aktivitas pada dentate gyrus-bagian dari hippocampus yang berhubungan dengan ingatan. Dengan kata lain, kita bisa menggunakan cokelat untuk mencegah kepikunan.

Ini bukan pertama kalinya cokelat dikaitkan dengan kesehatan tubuh. Cokelat hitam bisa membantu mengurangi inflamasi, dan menjadi antioxidant, yang bisa membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Cokelat hitam juga bisa untuk meningkatkan suasana hati (mood), pencegahan penyakit jantung, dan melindungi kulit dari sinar UV.

Memang senyawa yang ditemukan pada kakao bisa membantu menguatkan ingatan Anda, namun menurut penelitian terbaru ini, gula yang berlebih juga tidak membantu. Anda harus mengkonsumsi sekitar 300 gram cokelat hitam setiap harinya, menurut The New York Times.

Tipikal cokelat hitam batang mengandung 24g gula, dan memiliki lemak 43g lebih rendah. Tambah lagi, Anda harus memakan sekitar 3 batang cokelat hitam setiap harinya untuk mendapatkan jumlah flavanol yang sama seperti para partisipan studi ini.

Bagaimanapun, cara terbaik menikmati cokelat adalah dengan mengkonsumsinya secara tidak berlebihan. (Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.