Sukses

Orang dengan HIV Lebih Cepat Terkena Penyakit Jantung

Cara menunda penyakit degeneratif lain dengan menjaga gaya hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi obat antiretroviral bagi orang dengan HIV membuat usia harapan hidupnya menyamai orang yang tidak terinfeksi. Namun sayangnya orang dengan HIV rentan terkena penyakit degeneratif lebih cepat dibandingkan orang tanpa HIV.

Hal itu disampaikan oleh dokter Pokdisus AIDS FKUI, Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI dalam acara konferensi pers Hari AIDS Sedunia di kantor Kemenkes RI, pada Senin (30/11/2015).

Baca juga

Separuh Penderita HIV Tak Sadar Membawa Virus
9 Selebriti Ini Didiagnosis HIV/AIDS
Penularan HIV/AIDS di Jakarta Tertinggi

"Satu yang menjadi perhatian, pada orang dengan HIV terjadi peradangan pada tubuh kerena terpapar bakteri dan virus. Proses peradangan ini jika tidak diobati atau dicegah membuat mereka terkena penyakit degeneratif lebih dini dibandingkan orang tanpa HIV," terang Prof Samsu.

Penyakit degeneratif yang dimaksud seperti jantung koroner, fungsi ginjal menurun, diabetes, stroke, hingga kanker.

Sehingga amatlah penting bagi orang dengan HIV tetap rutin mengonsumsi ARV serta menjalankan gaya hidup sehat demi menunda penyakit degeneratif ini datang. Gaya hidup sehat mencakup tidak merokok, hindari alkohol, berolahraga, serta memperhatikan asupan gizi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini