Sukses

Singkirkan Komedo dengan 6 Bahan Dapur

Bagi Anda yang tak terbiasa melakukan facial di salon atau klinik kecantikan, beberapa langkah dengan bahan alami ini mungkin bisa dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Komedo yang seringkali muncul di hidung dan pipi tentu sangat mengganggu penampilan. Komedo muncul karena timbunan polutan, minyak dan kulit mati yang menutupi pori-pori kulit wajah.

Baca juga:

Mengenyahkan komedo dari wajah terkadang tak mudah. Bagi Anda yang tak terbiasa melakukan facial di salon atau klinik kecantikan, beberapa langkah dengan bahan alami yang bisa ditemukan di dapur ini mungkin bisa dicoba untuk mengatasi komedo.

Baking soda

Baking soda mudah ditemukan di swalayan sekitar rumah Anda dan merupakan bahan yang ampuh untuk menghilangkan komedo. Campur baking soda dan air hingga menyerupai pasta kental, aplikasikan pada wajah dan pijat lembut di pori-pori kulit. Namun, sebelum mencoba cara ini ada baiknya untuk memeriksakan jenis kulit Anda lebih dulu, apakah sensitif atau tidak.

Steaming

Menguapi wajah bisa jadi merupakan cara paling alami dan cepat untuk menghilangkan komedo. Panaskan air lalu bubuhi beberapa tetes sari lemon. Tutupi wajah dengan handuk dan uapi wajah di atas baskom berisi air panas yang telah diberi sari lemon selama beberapa saat. Setelah diuapi, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan mudah dibersihkan, seperti dilansir dari laman Inminutes, Selasa (1/12/2015).

Sari lemon

Sari lemon tak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, melainkan juga bahan alami untuk menghilangkan komedo. Kandungan vitamin C-nya membuat sari lemon baik untuk semua jenis kulit. Anda bisa membuat scrub alami dengan mencampur sari lemon, madu, garam, dan yoghurt.

Kulit jeruk

Vitamin C dalam kulit jeruk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bebas komedo. Kulit jeruk bisa dijadikan scrub untuk mengatasi komedo di hidung atau pipi.

Madu

Masker madu cocok untuk semua jenis kulit. Madu bisa menghidrasi kulit, membersihkan komedo, dan mengecilkan pori. Anda juga bisa mencampurnya dengan bubuk kunyit untuk hasil yang lebih baik.

Teh hijau

Teh hijau merupakan antioksidan yang bisa memperbaiki kulit dan mengeksfoliasi komedo. Aplikasikan pasta teh hijau dan air di area wajah yang dihinggapi komedo untuk menghalau minyak dan membuka pori-pori kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini