Sukses

Bagaimana Posisi Tidur yang Nyaman untuk Wanita Hamil?

Selain mengalami morning sickness, wanita hamil juga seringkali dihinggapi kebingungan menentukan posisi tidur yang baik dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Selain mengalami morning sickness, wanita hamil juga seringkali dihinggapi kebingungan menentukan posisi tidur yang baik dan nyaman. Terutama seiring dengan makin membesarnya perut dan bertambahnya berat badan, tidur terkadang menjadi kurang nyaman bahkan terasa sakit.

Selama hamil, banyak perubahan hormonal dan fisik yang terjadi yang bisa mengganggu tidur. Perubahan tersebut di antaranya:

- Bertambahnya bobot tubuh
- Membesarnya perut
- Nyeri punggung dan paha
- Heart burn
- Insomnia
- Napas pendek

Baca juga: 

Jadi bagaimana posisi tidur yang baik bagi wanita hamil? Berikut beberapa sarannya, dilansir dari laman Inminutes, Senin (30/11/2015).

Trimester pertama

Pada trimester pertama, karena perut Anda masih belum terlalu besar dan berat badan belum bertambah banyak, Anda masih bisa tidur nyaman dalam posisi apa pun. Entah itu terlentang, miring, atau agak tengkurap.

Trimester kedua dan ketiga

Selama kehamilan trimester kedua, posisi tidur terbaik adalah dengan miring dan meletakkan bantal di antara lutut untuk menyangga kaki dan mengurangi nyeri di paha serta punggung belakang bawah.
Tidur dengan posisi miring bergantian antara ke kiri dan kanan bisa mengurangi tekanan pada bagian serviks serta membiarkan lebih banyak aliran darah dan nutrisi bagi janin.

Jika Anda mengalami nyeri punggung belakang bagian bawah, sebaiknya gunakan posisi tidur yang sama tapi beri bantal tambahan di bawah perut untuk menyangga dan juga di bagian punggung agar Anda merasa lebih nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.