Sukses

Pil Cokelat, Cara Baru Makan Cokelat?

Pil cokelat ini kabarnya dikemas bebas kalori dan baik baik bagi kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Jika umumnya cokelat dikonsumsi sebagai kudapan dalam bentuk permen, kue, atau minuman, kini para peneliti memperkenalkan cara baru makan cokelat, yakni dalam bentuk pil! Ya, pil cokelat ini kabarnya dikemas bebas kalori dan baik baik bagi kesehatan jantung.

Laman Independent melaporkan, ekstrak kakao dalam suplemen nutrisi itu juga mengandung senyawa flavanol yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat jantung sehat. Flavanol adalah antioksidan alami yang bisa ditemukan dalam tanaman kakao.

Menurut laporan itu, Barry Callebaut, perusahaan cokelat dan kakao dunia berencana akan merilis pil flavanol. Pil-pil ini telah mendapat persetujuan otoritas kesehatan Eropa. Callebaut juga menyatakan akan bekerjasama dengan pembuat suplemen nutrisi Prancis, Naturex, dalam memproduksi dan memasarkan ekstrak flavanol ini.

Baca juga:

Badan kesehatan pangan Uni Eropa mengatakan, 200 mg flavanol kakao memang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Untuk mendapatkan flavanol dalam jumlah tersebut seseorang harus mengonsumsi sekitar 2 batang cokelat hitam. Sedangkan 2 batang dark chocolate mengandung 350 kalori dan 20 gram lemak.

200 mg flavanol juga bisa didapat jika kita mengonsumsi 4 batang milk chocolate (cokelat manis) yang mengandung 900 kalori dan 50 gram lemak. Sebaliknya, pil cokelat yang akan diluncurkan menawarkan lebih banyak kadar flavanol tanpa menambah jumlah kalori dan lemak yang membuat cokelat menjadi sangat tak sehat, dilansir dari laman Medindia, Senin (30/11/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.