Sukses

4 Trik agar Anak Tidur Lebih Awal

Ada beberapa hal yang mesti orangtua perhatikan agar anak tak tidur larut malam.

Liputan6.com, New York- Hiburan dan acara televisi yang makin beragam membuat anak tidur larut malam. Padahal saat masa anak-anak sebaiknya mendapat tidur yang dalam jumlah relatif lebih lama demi tumbuh kembangnya.

Bagi anak usia prasekolah yakni usia 4-6 taun butuh 10-12 jam tidur di malam hari. Sementara anak usia sekolah yakni 7-12 tahun butuh tidur 9-11 jam di malam hari.

Namun tak sedikit orangtua alami masalah kala meminta buah hati mereka lekas tidur. Seringnya anak-anak jadi tidur di atas jam sembilan malam.

Peneliti dari Murdoch Children's Research Institute di Melbourne, Australia, Jon Quach punya saran bagi Anda para orangtua agar anak tidur sebelum pukul 21.00 seperti dikutip laman Today, Minggu (29/11/2015).

1. Pastikan anak berolahraga pada hari tersebut.
2. Menghentikan aktivitas menonton layar seperti komputer dan televisi serta tidak menggunakan ponsel setelah pukul 19.00.
3. Setelah makan malam biarkan mereka santai sejenak.
4. Sebelum tidur, beri kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.