Sukses

10 Pengalaman Hidup Pencetus Stres Paling Tinggi

Untuk mengetahui derajat stres pada diri seseorang, ada alat pengukur yang dikenal dengan sebutan Skala Holmes.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengetahui derajat stres pada diri seseorang, ada alat pengukur yang dikenal dengan sebutan Skala Holmes. Dalam skala ini, terdapat 36 butir berbagai pengalaman kehidupan seseorang yang masing-masing memiliki nilai.

Menurut dr. Safyuni Naswati, Sp KJ dari RS Soeharto Heerdjan, bila nilai pengalaman hidupnya mencapai 300 dalam jangka waktu satu tahun, maka yang bersangkutan bisa dikatakan memiliki gejala stres.

Alat ukur ini dapat dilakukan oleh diri yang bersangkutan (self assasment) dan tentunya tidak semua butir pengalaman itu dialami seseorang, namun ada beberapa nilai yang paling tinggi memicu stres seperti :

1. Kematian suami/istri

2. Perceraian dengan pasangan

3. Kematian keluarga terdekat

4. Perasaan tersinggung atau penyakit

5. Perkawinan

6. Kehilangan jabatan

7. Pensiunan atau pengasingan diri

8. Rujuk dalam perkawinan

9. Perubahan kesehatan anggota keluarga

10. Kehamilan istri

"Dalam satu tahun ini pengalaman hidup yang kita alami, kematian orang yang kita cintai stres tingkat atas. Pada orang normal, mereka dapat beradaptasi setelah 1-2 minggu dirundung kesedihan. Tapi kalau sampai berbulan-bulan, bisa jadi dia membawa gangguan jiwa," kata dokter yang praktik di RS Pelni tersebut di kantor Redaksi Liputan6.com, Jumat (27/11/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini