Sukses

Stres Menumpuk Jadinya Depresi

Segeralah hadapi stres Anda dan tanganilah agar tidak berujung depresi.

Liputan6.com, Jakarta Apa pun jenis dari penyakit kejiwaan yang dialami seseorang tetap membutuhkan pengobatan medis. Ketika kondisi sudah stabil, perlu ditambah treatment secara sosial supaya pasien dapat diberdayakan atau mungkin bekerja seperti orang normal lainnya. 

"Treatment secara sosial diberikan supaya pasien dapat mengurus dirinya sendiri. Begitu keluarga tidak ada, pasien tidak luntang lantung," kata Psikolog Klinis Dewasa Rumah Sakit Bethsaida Serpong, FX Albino Prasodjo kepada Health Liputan6.com ditulis Jumat (27/11/2015)

Itulah pentingnya mendeteksi sejak dini. Pada dasarnya, setiap orang yang memang memiliki masalah kejiwaan punya gejala kecemasan. "Permasalahannya, ketika cemas, seringnya menyangkal. Sehingga tidak mendapat pertolongan," kata Albino menerangkan.

Ketika gejala ini dibiarkan, stres akan menumpuk yang pada akhirnya terjadi depresi, skizofrenia, dan bipolar. Jangan abaikan sedikit pun gejala yang terlihat, karena berisiko berkembang jadi masalah yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.