Sukses

Kemenpora dan PT Kalbe Farma Tbk Luncurkan Program 'Ayo Bergerak'

Menurut Riskesdas 2013 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir setengah penduduk Indonesia termasuk golongan kurang aktif.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir setengah dari proporsi penduduk Indonesia dalam melakukan aktivitas fisik. Akibatnya, kelelahan dalam beraktifitas menyebabkan fisik yang rendah, mudah sakit, pegal-pegal hingga menjadi kurang produktif.

Berangkat dari fakta tersebut, produk multivitamin Fatigon dari PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mendukung gerakan moral 'Ayo Bergerak'. Program pemberdayaan olahraga ini diluncurkan pada hari ini, Jumat (27/11/2015) pagi di Wisma Kemenpora, Senayan usai penandatangan nota kesepahaman Kalbe dan Kemenpora untuk mendorong program kepemudaan, keolahragaan, dan kepramukaan.

"Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora menyambut baik inisiatif pembudayaan olahraga 'Ayo Bergerak' ini. Masyarakat perlu aktif dan lebih dan lebih produktif dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan membuat Indonesia yang lebih sehat," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Peluncuran program 'Ayo Bergerak' diluncurkan dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional XXXII (HAORNAS). Kegiatannya sendiri diawali dengan senam bersama serta sosialisasi gerakan 3 menit bugar yakni Gerakan Ayo Bergerak dan pembagian multivitamin Fatigon.

"Melalui inisiasi pembudayaan olahraga 'Ayo Bergerak ini, Kalbe ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia selalu menjaga kesehatan dengan rajin beraktivitas fisik agar tubuh selalu tetap sehat dan bugar," kata Yusuf Hady Costumer Health Division Director PT Kalbe Farma Tbk. "Progam 'Ayo Bergerak' dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta jadi budaya untuk berolahraga secara rutin dan teratur," lanjutnya.

Gerakan Ayo Bergerak merupakan sebuah gerakan moral peduli kesehatan yang mengajak masyarakat untuk bergerak lebih aktif dengan mudah hanya minimal bergerak tiga menit, serta bisa dilakukan di rumah, kantor, perjalanan dan kapan saja agar tubuh tetap sehat dan bugar.

"Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran, tapi faktanya orang malas berolahraga dengan alasan capek dan menghabiskan waktu. Padahal olahraga tak harus berat, bisa dimulai dengan gerakan ringan dan sederhana yang dilakukan dengan benar dan aman, sehingga mendapatkan efek instan berupa rasa segar dan nyaman pada tubuh kita," tutur dr. Nanang Tri Wahyudi, SpKO, Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Menit Bugar

Momen menarik tertangkap saat penayangan video gerakan 3 menit bugar yang dipresentasikan saat peluncuran tersebut. Menteri Imam Nahrawi tak segan ikut meniru dengan sungguh-sungguh gerakan peregangan efektif ini bersama ratusan hadirin yang memadati ruang serba guna di Wisma Komplek Kemenpora.

Seluruh rangkaian Kalbe dan Kemenpora pada hari ini bakal diakhiri dengan kegiatan massal yang melibatkan 5.000 peserta Senam Ayo Bergerak di Bandung, pada 13 Desember dan 30 Desember di Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini