Sukses

5 Manfaat Konsumsi Jamur

Tak cuma lezat, manfaat sehat konsumsi jamur juga sangat banyak.

Liputan6.com, New Delhi Ada sekitar 1000 jenis jamur di dunia, namun yang bisa dikonsumsi jumlahnya terbatas. Sisanya beracun. 

Jamur tiram, kancing, merang, kuping, shitake merupakan beberapa jamur yang bisa dikonsumsi dan rasanya lezat. Tak cuma itu konsumsi jamur dalam menu kita sehari-hari juga banyak manfaatnya. Setidaknya berikut lima manfaat konsumsi jamur seperti dikutip laman Boldsky, Jumat (26/11/2015).

1. Turunkan kolesterol jahat

Salah satu manfaat sehat dari jamur yakni mampu menurunkan dan atur kolesterol dalam tubuh. Jamur mengandung serat namun minim lemak dan karbohidrat. Selain itu adanya protein dalam jamur bantu usir kolesterol jahat.

2. Atur tekanan darah

Jamur mengandung kalium sangat tinggi sehingga mampu menurunkan tensi darah yang akan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Cegah kanker

Mengandung polisakarida yang merupakan antikarsinogenik yang membantu cegah kanker payudara dan prostat.

4. Kuatkan tulang

Kandungan kalsium dalam jamur tinggi sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah osteoporosis.

5. Tingkatkan imun tubuh

Jamur mengandung nutrisi yagn baik bagi tubuh hal ini mampu melindungi tubuh dari serangan kuman dan infeksi. Disarankan untuk konsumsi jamur ketika menjelang sakit atau sedang dalam masa pemulihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini