Sukses

Pelihara Anjing Buat Si Kecil Jadi Tak Mudah Cemas

Kehadiran anjing peliharaan di rumah mampu menurunkan kegelisahan pada anak.

Liputan6.com, New York- Tak perlu menjauhkan si Kecil dari anjing peliharaan Anda. Kehadiran anjing sejak awal kehidupannya ternyata mampu membuat kesehatan mentalnya lebih baik.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Preventing Chronic Disease kehadiran anjing peliharaan di rumah mampu menurunkan kegelisahan pada anak.

"Kehadiran anjing dapat mengurangi rasa gelisah atau cemas pada anak-anak, terutama kecemasan sosial. Hal ini karena anjing peliharaan dapat membuat anak jadi berdialog. Hal ini mampu meringankan kecemasan sosial yang dialami anak-anak," tulis peneliti dalam jurnal seperti dikutip laman Huffington Post, Jumat  (27/11/2015).

Para peneliti juga menuturkan jika interaksi anjing selama masa kanak-kanak berdampak positif pada kesehatan mental, bisa jadi hal ini mengurangi gangguan mental saat ia remaja maupun dewasa nantinya.

Studi ini dilakukan selama 18 bulan oelh peneliti dari Basset Medical Center, University of Oklahoma Health Sciences Center dan Dartmouth Medical School terhadap 634 anak di utara pedesaan New York.

Penelitian sebelumnya juga menyatakan manfaat positif dari interaksi dengan anjing diantaranya dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) dan meningkatkan tingkat oksitosin (hormon kebahagiaan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini