Sukses

Program Gema Cermat Mulai Digalakkan Kemkes

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) mulai diberlakukan secara menyeluruh oleh Kementerian Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) mulai diberlakukan secara menyeluruh oleh Kementerian Kesehatan.

Menurut Direktur jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda Sitanggang, program ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Dan mendorong aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan.

"Pradigma sehat itu berhulu pada pencegahan penyakit dan melatih masyarakat untuk menjadi pasien cerdas menggunakan obat saja sudah menjadi target kami," kata Linda saat temu media di Jakarta, ditulis Rabu (25/11/2015).

Linda menuturkan, sejauh ini pemahaman masyarakat mengenai obat masih kurang. Seperti misalnya penggunaan antibiotik yang tidak tepat sehingga memicu resistensi bakteri.

"Masyarakat masih kurang paham mengenai cara menyimpan dan membuang obat dengan benar sehingga mudah disalahgunakan," katanya.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan rencananya akan mulai mengingatkan kembali akan resistensi antibiotik dari Pusat hingga ke daerah. Dan program ini akan dilakukan secara kontinyu selama minimal 5 tahun kedepan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.