Sukses

Orang Gemuk Paling Rentan Sakit Pinggang

Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas rentan akan sakit pinggang. Biasanya jelang menopause, ligamen mereka cenderung lebih mudah nye

Liputan6.com, Jakarta Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas rentan akan sakit pinggang. Biasanya jelang menopause, ligamen mereka cenderung lebih mudah nyeri.

Begitu disampaikan pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta dr Mahdian Nur Nasution SpBS di sela-sela temu media membahas Interventional Pain Management di Jakarta, ditulis Rabu (25/11/2015).

"Nanti ketika masuk menopause, sendi penderita obesitas rentan kaku, tidak elastis, dan ligamennya gampang nyeri," katanya.

Menurut Mahdian, berat badan kita itu ditopang oleh pinggang. Bayangkan bila berat badan Anda 100 kilogram, setidaknya bagian atas tubuh kita memiliki berat 50 kilogram dan pinggang harus menopangnya.

"Saat dia merasa nyeri, kita bisa membantunya. Namun setelah menerima tatakelola nyeri, dia harus menurunkan berat badannya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sakit pinggang merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering ditemukan sehari-hari dan bisa dialami siapa saja.

    sakit pinggang

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas