Sukses

Amitabh Bachchan Desak Masyarakat Cegah Hepatitis B

Rupanya Amitabh Bachchan terinfeksi virus hepatitis B. Dia mendesak agar masyarakat di India melakukan vaksin hepatitis B

Liputan6.com, Jakarta Amitabh Bachchan memberi dukungan supaya masyarakat di India mau melawan hepatitis B. Penyakit kronis ini diidap aktor Bollywood selama 20 tahun. Sebelumnya, Bachchan telah mendukung pemerintah memberikan vaksin polio dan TBC.

Kementerian Kesehatan di India, bekerjasama dengan UNICEF, meluncurkan kampanye kesadaran mengatasi virus hepatitis B pada Senin (23/11/2015)

Menteri kesehatan masyarakat Deepak Sawant mengatakan, program bernama Nucleic Acid Test ini diluncurkan di semua rumah sakit, tiga bulan mendatang. Rencananya, keluar bersamaan dengan peluncuran vaksin pentavalen yang menggabungkan beberapa jenis vaksin.

Dikutip dari situs Times of India, Rabu (25/11/2015), Amitabh Bachchan mendesak masyarakat segera melakukan pengecekan dini, agar segera diobati jika memang terkena.

Dia sendiri terdeteksi mengidap hepatitis B pada 2000, 18 tahun setelah mendapat transfusi darah pada 1982 ketika dia terluka parah saat jalani proses syuting di Kuli.

Setidaknya 60 unit darah diperlukan tim medis untuk mengganti darah yang terbuang dari tubuh Amitabh Bachchan, yang dikumpulkan lebih dari 200 pendonor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.