Sukses

Begini Cara Atasi Nyeri Haid yang Tepat

Banyak wanita mengalami nyeri haid, tapi tidak tahu cara tepat menanganinya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita mengeluhkan nyeri saat sedang datang bulan atau menstruasi. Namun banyak yang tidak mengetahui kalau penggunaan obat yang tepat dapat meringankan nyeri.

Begitu disampaikan pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta dr Mahdian Nur Nasution SpBS pada wartawan di bilangan Buncit Raya, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

"Nyeri akibat haid biasanya termasuk kategori ringan yang bisa dibantu dengan obat. Cari obat pereda nyeri seperti paracetamol yang memiliki analgesik dan antipiretik sebagai penghilang sakit," katanya.

Mahdian mengatakan, penggunaan obat-obatan ringan ini biasanya sangat membantu untuk pertolongan pertama. Bila tidak mempan, biasanya dokter akan meresepkan obat yang agak keras. Namun jika tidak berhasil juga, barulah dokter mengambil tindakan.

"Sekitar 90 persen wanita yang haid bisa sembuh dengan paracetamol. Obat ini paling aman. Kecuali ada keluhan lainnya, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter," tukasnya. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini